Dinkes Kapuas Hulu Bagikan Mesin Fogging

pena iklan

Penakapuas.com- Jumlah penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD) di Kapuas Hulu saat ini berjumlah 451 kasus hingga bulan Oktober 2018. DBD yang lebih menyerang anak-anak ini kembali meningkat pada bulan Oktober kemarin. 

"Kemarin DBD kita kembali meningkat, bulan September ada 4 kasus, sekarang Oktober naik lagi jadi 27 kasus," kata Herberia Karosekali Kabid P2PL pada Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Kamis (8/11).

Maka dari itu kata Herberia, untuk mengantisipasi agar kasus DBD di Bumi Uncak Kapuas agar tidak meningkat kembali dan cepat dicegah, pihaknya pun mulai membagikan mesin fogging kepada Puskesmas yang wilayahnya terkena DBD. 

"Ada 20 mesin foging yang akan kita bagikan, selain itu abate dan racunnya kita bagikan sekalian," ujarnya. 

Herberia mengungkapkan, selain membagikan mesin foging kepada Puskesmas, tentu pihaknya akan selalu mengawasi kapan mesin tersebut digunakan. Selain itu sebelum mesin foging tersebut benar-benar ditinggalkan di Puskesmas, pihaknya akan melatih tenaga lingkungan kesehatan. 

"Kita tak mau juga mesin fogging itu digunakan sembarangan dan cepat rusak," ucapnya. 

Lanjut Herberia, ada beberapa Puskesmas yang sudah dibagikan mesin fogging diantaranya Puskesmas Kecamatan Mentebah, Silat Hilir, Bunut Hulu, Empanang, Badau dan Lanjak.  

"Rencana kita nanti pembagian mesin fogging itu ke Selimbau, Jongkong, Suhaid, Semitau dan Sejiram," tuturnya. 

Sambung Herberia kasus DBD Kapuas Hulu ini cenderung meningkat dikarenakan cuaca yang sering hujan sehingga membuat penyakit DBD mudah muncul.

"Musim hujan identik dengan genangan air, telah tiba. Memasuki perubahan musim, warga diminta tetap menjaga kebersihan. Sebab, lingkungan kotor jadi pemicu munculnya sakit diare, DBD serta gangguan pernafasan," pungkasnya.(AS) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3720955862360822944

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item