Antisipasi Caleg Stres, Dinkes Kapuas Hulu Latih Dokter dan Perawat

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com- Gagal dalam Pemilihan Umum bisa menyebabkan Calon Anggota Legislatif (Caleg) maupun tim suksesnya mengalami stres. Mengantisipasi gangguan jiwa terkait hasil Pemilu, Dinas Kesehatan Kapuas Hulu telah melakukan antisipasi.

Beberapa hari yang lalu Dinas Kesehatan Kapuas Hulu sudah melakukan pelatihan terhadap dokter dan perawat yang ada untuk menangani pasien yang mengalami gangguan jiwa berat. "Ada 23 dokter dan 23 perawat yang kami beri pelatihan dalam menangani pasien gangguan jiwa. Ini juga untuk menangani Caleg gagal yang mengalami depresi," kata Rosita Kasi P2PTM Dinkes Kapuas Hulu kemarin. 

Rosita mengatakan, tujuan pelatihan ini agar dokter dan perawat ini dapat menangani ketika mendapatkan pasien gangguan jiwa. 

"Biasanya Caleg gagal ini akan mengalami depresi berat. Maka dokter dan perawat inilah yang akan menangani mereka. Karena kita tidak memiliki dokter spesialis jiwa," ujarnya. 

Rosita berharap dengan adanya pelatihan ini, kedepan ketika ada Caleg gagal mengalami stres dapat segera dibawa ke Puskesmas sehingga penyakitnya dapat segera ditanggulangi. 

Sejauh ini kata Rosita, jumlah orang yang mengalami gangguan jiwa di Kapuas Hulu jumlahnya mencapai 591 namun data ini masih akan bertambah.

"Masalah orang gangguan jiwa berat ini biasanya ditelantarkan keluarganya sehingga tidak diberikan obat secara teratur. Semestinya penderita gangguan jiwa harus dibawa Puskesmas dan diberi obat secara rutin agar penyakitnya tidak kambuh,"' pungkasnya. (AS) 


Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4833895118886259636

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item