Warga Minta Hentikan Pembangunan Pasar Dogom Permai

pena iklan

Penakapuas.com- Pembangunan pasar Dogom Permai di Pasar Pagi Putussibau yang dilakukan saat ini oleh pemerintah diminta diberhentikan sementara oleh warga Kelurahan Hilir Kantor karena dianggap tidak sesuai. Soalnya pembangunan pasar Dogom Permai ini semestinya dibangun di wilayah Kelurahan Hilir Kantor, namun faktanya pembangunan dilakukan di Pasar Pagi Putussibau. 

"Janggalnya pembangunan pasar itu adalah namanya yakni pasar Dogom Permai, semestinya dibangun diwilayah kami, tapi ditempatkan di Pasar Pagi Putussibau," kata Iwan warga Dogom Kelurahan Hilir Kantor, Selasa (23/10). 

Iwan mengatakan, padahal sebelumnya pembangunan pasar Dogom Permai tersebut sudah ada lokasi yang sudah disiapkan pemerintah. Bahkan lokasi yang disiapkan tersebut sudah dilakukan pematokan dan sebagainya. 

"Kita mau tahu apa permasalahannya hingga pembangunan pasar Dogom Permai dialihkan ketempat lain," ujarnya. 

Padahal kata Iwan, warga Dogom dan sekitarnya sudah merasa senang akan adanya pembangunan pasar diwilayah mereka, karena wilayah mereka dianggap strategis dan penduduknya pun ramai. "Sebagai masyarakat Dogom saya saya kecewa karena kenapa anggaran pembangunan pasar diwilayah kami tapi dialihkan ketempat lain," ucapnya. 

Dirinya pun mengharapkan pembangunan pasar yang sudah berlangsung ini agar dapat dihentikan sementara karena perlu direvisi ulang lagi pembangunanannya. "Soalnya untuk membangun pasar yang saat ini dibangun, pemerintah itukan melakukan perobohan terhadap bangunan pasar sebelumnya, padahal kondisinya masih bagus. Cobalah Pemda membangun pasar itu sesuai penempatannya," jelasnya. 

Sementara itu Abdurahman Lurah Hilir Kantor mengatakan, seharusnya pembangunan pasar Dogom Permai berada diwilayahnya. Namun kenapa pembangunannya justru berada di Pasar Pagi Putussibau. 

"Saya dapat informasi tanah untuk lokasi pembangunan pasar itu belum mencukupi syarat. Saya pun tidak tahu apa syarat yang belum lengkap. Sehingga saya dapat kabar jika pembangunan pasar Dogom Permai dibangun di Pasar Pagi Putussibau," ungkapnya. 

Sebagai Lurah, Abdurahman mengaku heran atas pembangunan pasar Dogom Permai karena pembangunanannya tak sesuai dengan lokasinya."Saya khawatir dan curiga nantinya pembangunan pasar Dogom Permai di Pasar Pagi Putussibau akan meninggal masalah baru" ungkapnya. 

Sebelumnya Abang Chaerul Saleh  Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kapuas Hulu mengatakan, lokasi pembangunan pasar Dogom Permai dialihkan dikomplek Pasar Pagi Putussibau , yang sebelumnya sempat direncanakan disalah satu kecamatan dan daerah Dogom Putussibau. 

"Usulan pertama lokasi pembangunan pasar Dogom Permai itu di Kecamatan dan di Dogom Putussibau, namun lahan Pemda yang sudah siap hanya disekitar pasar milik swasta," jelasnya. 

Lanjut Chaerul pembangunan pasar Dogom Permai yang akan menghabiskan anggaran kurang lebih Rp5 milyar tersebut, tak masalah pembangunannya dialihkan sepanjang masih diwilayah Kapuas Hulu. 

"Saya harapkan pembangunannya berjalan lancar," ucapnya.

Ditambahkan Pane Pasogit Kasubag Penyelesaian Masalah Tanah pada Bagian Pertanahan Setda Kapuas Hulu mengungkapkan lahan Pemda yang direncanakan Dinas Perdagangan untuk membangun pasar Dogom tersebut, tanahnya belum memiliki sertifikat.

"Untuk perencanaan pembangunan pasar itu baik itu lokasinya dimana, semua domainnya di Dinas Perdagangan. Apalagi terhadap pengalihan pasar Dogom Permai yang dibangun di Pasar Pagi Putussibau, itu kewenangan mereka," pungkasnya. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Berita 4042257073459005871

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item