Sepakat Pemilu 2019 Damai

pena iklan

Penakapuas.com- Polres Kabupaten Kapuas Hulu mengelar Rapat Koordinasi dan Deklarasi Damai Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019, diaula Polres Kapuas Hulu, Kamis (1/11).

Kompol R Ricky Pratidiningrat Waka Polres Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperingati tali silaturahmi dan juga sekaligus membangun suatu komitmen yang mampu merajut hubungan emosional, guna terwujudnya kondisi kamtibmas yang kondusif, untuk menyiapkan pelaksanaan Pemilu tahun 2019 yang aman, damai, sejuk dan kondusif.

"Kita semua bersyukur patut bersyukur bahwa tahapan demi tahapan Pemilu tahun 2019, telah kita lalui dengan lancar, aman dan damai saat ini kita memasuki tahap kampanye Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan selama 202 hari, yang dimulai dari tanggal 23 September hingga 13 April 2019," ujarnya.

Ricky mengungkapkan, tahapan ini tentunya akan menyita energi yang cukup besar bagi semua pihak, baik penyelenggara Pemilu, pihak keamanan, dan yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019 seperti partai dan calon legislatif dalam pemilu.

"Kegiatan kampanye Pemilu tahun 2019 yang harus diantisipasi adalah kampanye negatif dan isu yang berbau SARA. Kondisi ini sangat riskan terhadap konflik sosial. Diharapkan para tim kampanye dalam mengemas materi kampanye hendaknya tetap menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat," ucapnya.

Untuk menyejukkan dan mencerdaskan masyarakat kata Ricky, tidak mengeksplorasi etnis atau mengangkat perbedaan agama, tidak menjelekan figur lainnya dengan membuat yel yel, slogan atau jargon yang memancing emosi pendukung.

"Untuk menghindari atau mengantisipasi timbulnya konflik, perlu dibangun komunikasi yang timbal balik dengan menyerap berbagai aspirasi masyarakat, serta memberikan wadah bagi masyarakat untuk membangun suatu birokrasi yang mampu mewujudkan rasa keadilan masyarakat," ungkapnya. 

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu AM Nasir mengapresiasi langkah atau kegiatan tersebut yang digelar oleh Polres Kapuas Hulu.

"Untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan serta kelancaran proses pemilu legislatif dan Presiden tahun 2019 adalah tugas bersama, baik itu Kepolisian, TNI, Pemerintah Daerah, Partai Politik, Penyelenggaraan Pemilu (KPU dan Bawaslu) dan seluruh masyarakat Kapuas Hulu itu sendiri," ujarnya.

Maka dari itu diharapkan kerjasama semua pihak bagaimana proses Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden tahun 2019 khususnya di Bumi Uncak Kapuas selalu berjalan dengan lancar, aman, dan tertib.

"Saya rasa semua bersepakat untuk mensukseskan bersama Pemilu 2019 mendatang. Jadi harus sama-sama peduli untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," pungkasnya. (AS) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1624187439605887931

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item