Pengelolaan Keuangan Masjid Harus Transparan

pena iklan

Penakapuas.com – Masjid harus dikelola dengan baik. Sehingga, bisa memberikan motivasi bagi umat islam agar selalu datang ke masjid untuk beribadah sekaligus memakmurkan masjid. Hal itu merupakan salah satu tugas pengurus masjid.

“Dalam pengelolaan masjid pengurus hendaknya dapat menjalankan tugas dengan baik, terutama bagaimana membuat suasana masjid menjadi lebih baik dan kondusif. Sehingga, masyarakat atau jamaah merasa masjid sebagai tempat yang nyaman dan sejuk dalam beribadah,” ujar Fendy, Asisten I Setda Kabupaten Sekadau dalam orientasi manajemen pengelolaan masjid dan pelatihan imam dan khatib yang digelar DMI Kabupaten Sekadau di Masjid Al Istiqomah SP 2, Desa Maboh Permai, Kecamatan Belitang, baru-baru ini.

Fendy mengatakan, untuk itu pengurus masjid juga harus selalu membuka diri, bekerjasama dengan para pemuka agama dan tokoh masyarakat yang ada. Menurut Fendy, yang terpenting, yaitu pengurus mengelola keuangan masjid dengan transparan dan terbuka.

“Sehingga, dengan transparansi dan keterbukaan tersebut kepercayaan masyarakat terhadap pengurus masjid tetap terjaga,” ucap Fendy.

Ia berharap, melalui pelatihan imam kiranya akan menghasilkan pemimpin umat yang berkualitas. Bukan hanya dalam hal menjalankan ibadah saat salat saja, melainkan juga implementasi nilai-nilai ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk para khatib diharapkan dapat membuat konsep kotbah yang baik dan berkualitas dan menyejukan hati umat. Tidak bersifat provokatif dan selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa,” pesan Fendy.

Fendy mengajak imam maupun khatib untuk bekerjasama dengan pemerintah menangkal berita-berita hoax yang meresahkan masyarakat. Fendy mengatakan, imam dan khatib harus menjadi teladan dan tokoh panutan bagi masyarakat yang ada disekitarnya.

“Sehingga, imam dan khatib bisa menjadi tempat meminta pendapat oleh masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DMI Kabupaten Sekadau, Muhammad Hasbi mengatakan, orientasi manajemen pengelolaan masjid dan pelatihan imam dan khatib se Kabupaten Sekadau merupakan program kerja DMI Kabupaten Sekadau tahun ini. Kegiatan tersebut dilakukan untuk wilayah III, yiatu kecamatan Belitang Hilir, Belitang dan Belitang Hulu.

“Kegiatan ini diikuti 100 orang yang terdiri dari pemuka agama dan tokoh masyarakat serta para imam dan khatib,” kata Hasbi yang didampingi Ketua Panitia Penyelenggara, Kateni. (IN)

Advertisement
pena iklan

Related

Sekadau 2256933966030080330

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item