Penerimaan CPNS 2018 Dianggap Rumit

pena iklan

Penakapuas.com- Penyerahan berkas bagi CPNS 2018 sudah dimulai pada tanggal 26 September yang lalu, namun sudah satu minggu ini, pemberkasan yang diterima oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas Hulu masih minim. Beberapa pelama CPNs pun mengeluh karena portal pendaftaran sscn.bkn.go.id masih sulit diakses para pelamar yang akan mendaftar penerimaan. Mereka beranggapan penerimaan CPNS 2018 ini agak rumit ketimbang penerimaan CPNS empat tahun yang lalu.

Sampai saat ini, portal pendaftaran sscn.bkn.go.id masih sulit diakses para pelamar yang akan mendaftar penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2018. Bahkan beberapa hari lalu sejak pembukaan pendaftaran online, belum ada yang berhasil masuk.

Samsi salah satu pelamar CPNS 2018 mengaku mengeluhkan belum bisa menuntaskan tahap pendaftaran online. "Saya mulai tahap pendaftaran sejak tanggal 27 September sampai sekarang masih belum tuntas. Sebenarnya tinggal tahap akhir untuk cetak kartu," katanya, Rabu (3/10). 

Ditambahkan Rasidi, pelamar yang satu ini berasal dari kecamatan Embaloh Hilir mengaku hal serupa, bahkan harus menunggu ber jam - jam di area hotspot di Putussibau untuk bisa login di portal pendaftaran.

"Tunggu hasil keluar sekitar satu jam, itupun belum keluar semua. Sekarang masih persiapkan persyaratan yang belum dilengkapi untuk pemberkasan seperti surat lamaran, kemudian kelengkapan administrasi lain, seperti ijazah, KTP KK, akreditasi kampus, surat pernyataan," ujarnya. 

Rasidi menilai, sistem pendaftaran CPNS tahun ini amat rumit, berbeda dari sekitar 4 tahun lalu, kala belum moratorium."Itu jadi masalah semua pendaftar, memang tahun ini beda dari empat tahun lalu, kalau tahun lalu mudah di akses, sekarang rumit sistem pendaftarannya," ucapnya. 

Menanggapi hal tersebut, Kabid Pengadaan dan Mutasi Kepegawaian Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas Hulu Erwin mengakui ada kendala, namun sekarang sudah cukup lumayan."Informasi sekarang sudah mulai bisa dibuka, dibanding beberapa hari lalu, seperti Minggu kemarin," ungkapnya. 

Sementara berdasarkan jadwal, batas waktu pemberkasan sampai 10 Oktober 2018 mendatang, Erwin menambahkan pihaknya tetap menyesuaikan jadwal dari pusat, karena memang kondisi saat ini jumlah pelamar yang sudah pemberkasan masih minim. Andaikan ada perpanjangan waktu, Erwin mengatakan tetap mengacu pada printah dari Kementerian terkait.

"Kita menunggu informasi lebih lanjut, karena itu kewenangan dari pemerintah," ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Muhammad Sukri mengatakan, pendaftaran dan pemberkasan CPNS 2018 dilakukan secara online. Sebab itu BKPSDM menyiapkan perangkat  untuk masyarakat yang melakukan pemberkasaan persyaratan CPNS. “Ini untuk memudahkan masyarakat mendaftar CPNS,” katanya. 

Sekda mengatakan, memang ada kendala yang dialami masyarakat. Selain masalah jaringan, juga sulit untuk masuk ke server Badan Kepegawayan Negara (BKN). “Ada beberapa masyarakat yang tidak bisa masuk (loging) ke situs sscn BKN,”ujarnya.

Sekda mengatakan dirinya belum mengetahui berapa banyak masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS tahun 2018. Sebab ia belum mendapatkan data dari BKPSDM. “Belum ada laporan berapa banyak yang mendaftar dari BKPSDM,”pungkasnya. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Berita 8524771947946756865

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item