Pembangunan 7 Tower Mini di Kapuas Hulu Hampir Rampung

pena iklan

Pena kapuas.com- Pembangunan 7 tower Base Tranceiver Station (BTS) di beberapa wilayah Kabupaten Kapuas Hulu hampir rampung. BTS yang dibangun oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi tersebut tinggal menunggu pemasangan Box BTS yang berfungsi untuk pemberian signal. 

"Tower dan power sudah terpasang, begitu juga vissat atau model parabola sudah terpasang. Yang belum terpasang yakni box BTS yang berfungsi untuk pemberian signal," kata Zulkifli Kabid Statistik dan Aplikasi Informatika Diskominfo Kapuas Hulu, Senin (15/10). 

Zulkifli mengatakan, pengerjaan BTS ini sebelumnya juga sudah dicek langsung kualitas pembangunannya oleh pemerintah pusat. 

"Tahun ini BTS itu sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Kapuas Hulu. Untuk kapasitas tower BTS tersebut hanya bisa untuk SMS dan telepon saja. Karena berkapasitas 2G," katanya. 

Lanjut Zulkifli, tujuh desa yang mendapatkan bantuan BTS tersebut diantaranya Desa Entibab Kecamatan Bunut Hilir, Desa Nanga Awin Kecamatan Putussibau Utara, Desa Menua Sadap dan Batu Lintang Kecamatan Embaloh Hulu, Desa Mata Lunai dan Nanga Balang Kecamatan Putussibau Selatan dan di Pamtas Kelawik Kecamatan Batang Lupar. 

"2018 ini mungkin kita bisa mendapatkan bantuan BTS  gelombang kedua dengan catatan IMB dan status tanah Barang Milik Daerah (BMD) diselesaikan dulu," ujarnya. 

Lanjut Zulkifli, di Bumi Uncak Kapuas sendiri masih ada 73 desa yang black spot, mudah-mudahan kedepan semua desa di Kapuas Hulu ini bisa tercover semua. "Karena sesuai harapan Presiden tahun 2020 Indonesia mesti merdeka dari signal," katanya.  

Zul mengingatkan kepada masyarakat setempat yang sudah mendapatkan bantuan BTS, harus menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga fisik bangunan. "Terpenting adalah harus saling berkoordinasi dan komunikasi," pungkasnya. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 3106837945323763905

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item