Pasar Pagi Putussibau Dibongkar

pena iklan

Penakapuas.com-Sudah beberapa hari ini bangunan pasar pagi Putussibau yang ada dijalan Pantai Sibau Kelurahan Putussibau Kota Kecamatan Putussibau Utara dilakukan pembongkaran dengan alat berat. Pembongkaran bangunan tersebut bertujuan untuk dilakukannya penataan ulang bangunan pasar tersebut agar lebih rapi dan tidak semrawut.

Sebelum dilakukan pembongkaran seperti saat ini, pasar pagi Putussibau milik pemerintah tersebut kondisinya memang semrawut, bahkan bangunan yang semestinya dipergunakan untuk jualan bahkan ada dijadikan sebagai tempat tinggal. 

Tak mau makin semrawut dan kumuh, Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu tahun ini akan melakukan pembangunan pasar tersebut. 

“Melalui dana Tugas Perbantuan sebesar Rp6 milyar, kami akan bangun kembali pasar tersebut,” kata Abang Chaerul Saleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kapuas Hulu, Kamis (4/10). 

Chaerul mengatakan, pengosongan terhadap pasar ini sebelumnya sudah disampaikan melalui surat kepada pedagang yang menempati pasar tersebut, hanya saja kala itu pedagang meminta kepastian apakah setelah mereka meninggalkan pasar tersebut bisa menempati kembali jika pasar yang baru dibangun. 

“Kita pastikan pedagang yang mengoosongkan pasar sebelumnya menjadi prioritas kamiuntuk menempati pasar yang baru nanti. Sisanya baru pedagang-pedagang yang lain menempatinya,” ujarnya. 

Chaerul menjelaskan, pasar yang akan dibangun baru tersebut nanti jumlahnya ada 200 pintu, bangunan pasar tersebut nantinya ada berupa kios dan loss. Pasar yang dibangun baru tersebut selain ditempati oleh pedagang pakaian dan sembako, nantinya akan ditempati juga oleh penjual sayuran. 

“Pasar yang dibangun nanti itu pasarnya prototife artinya bentuk pasar se Indonesia itu sama bangunannya sama, hanya saja besar kecil pasar itu saja yang berbeda,” ungkapnya. 

Chaerul pun meminta kepada kontraktorr pelaksana agar dapat bekerja maksimal karena tahu ini pasar tersebut harus sudah selesai dibangun. “Kita minta mereka (kontraktor) kerjanya pakai shiff sampai Subuh, karena meskipun waktu mepet seperti saat ini bangunaannya dapat terlaksana,”katanya. 

Sambung Chaerul, jika pasar ini selesai dibangun, maka nantinya pedagang yang menempati pasar tersebut akan dikenakan retribusi. Untuk saat ini mereka pun tidak dikenakan retribusi karena dari pemerintah juga belum bisa menyediakan fasilitas untuk mereka. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 7159116615690397445

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item