Kepsek SMA Karya Imbau Siswa Hati-hati Gunakan Medsos

pena iklan

Penakapuas.com - Belakangan ini masyarakat dikagetkan dengan aksi nekat sejumlah siswa yang melukai dirinya sendiri dengan menggores pergelangan tangannya dengan beda tajam, seperti silet, kaca bahkan penggaris. Langkah antisipasi dilakukan sejumlah sekolah di Kabupaten Sekadau agar kejadian serupa tidak lagi terjadi. 

Kepala SMA Karya Sekadau, Sumardi mengatakan, dirinya pertama kali mengetahui kejadian tersebut sempat terkejut. Bahkan, terindikasi aksi nekat yang dilakukan siswa melukai dirinya itu karena pengaruh media sosial, yaitu youtube. Tak ingin kejadian serupa terjadi di sekolah yang dipimpinnya, Sumardi telah mengumpulkan dewan guru serta memberikan imbauan kepada siswa. 

"Kami tadi sudah rapat bersama dewan guru. Ini dilakukan untuk menyikapi atau mengantisipasi jangan sampai anak-anak didik kami melakukan tindakan itu (melukai diri, red)," ujar Sumardi, ditemui Sabtu (20/10). 

Sebab, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa saja terjadi di sekolah lainnya. Langkah antisipasi perlu dilakukan agar tidak ada lagi para pelajar yang melukai dirinya sendiri. 

"Memang harus diakui, anak-anak bermacam-macam karakter. Memang ada juga yang 'nakal', ini perlu dibimbing dengan pola pedekatan. Apalagi ada banyak pengaruh dari luar yang membentuk anak itu sendiri," ucapnya. 

Ia berharap, dewan guru, siswa bersama para orang tua bersama-sama menjaga nama baik sekolah. Tentu dalam mengawasi anak perlu peran orang tua. Sebab, waktu anak di sekolah sangat terbatas. 

"Kami punya tata tertib dimana siswa dilarang membawa handphone. Kalau pun membawa silahkan dititipkan. Tapi yang perlu kami imbau agar siswa hati-hati menggunakan media sosial," jelasnya.

Selain itu, ia juga mengimbau agar semua lapisan masyarakat, terutama orang tua agar mengawasi anak-anak terutama dalam menggunakan media sosial. Sumardi juga mengimbau agar para orang tua tidak memberikan kebebasan yang berlebih kepada anak-anak. 

"Kami dari sekolah juga terus meningkatakan bidang kerohanian bagi siswa. Sehingga, anak-anak semakin termotivasi dan tidak melakukan hal-hal negatif," pungkasnya. (IN)

Advertisement
pena iklan

Related

Sekadau 821318192840733019

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item