Kapuas Hulu Butuh SDM Untuk Sektor Perkebunan dan Perikanan

pena iklan

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH saat memberikan arahan kepada para mahasiswa dalam acara dies natalis ketiga PDD Polnep Kapuas Hulu, Selasa (2/10)

Penakapuas.com - Sektor perkebunan dan perikanan sangat potensial untuk dikembangkan di kabupaten Kapuas Hulu. Kabupaten berjuluk Bumi Uncak Kapuas ini masih memiliki lahan yang sangat luas untuk perkebunan, selain itu, secara geografis kabupaten ini memiliki banyak danau dan sungai yang kaya akan hasil ikan air tawarnya. Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH mengatakan bahwa sektor perikanan dan perkebunan seharusnya menjadi pilihan yang menjanjikan, bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di PDD Polnep Kapuas Hulu. "Prodi perkebunan dan perikanan ini wajib jadi prioritas. Ini bisa dikembangkan dengan baik di Kapuas Hulu," tegas Bupati, ketika menghadiri Dies Natalis PDD Polnep Kapuas Hulu ke tiga di Putussibau, Selasa (2/10/18).

Salah satu contoh potensi perkebunan, kata Bupati adalah komoditi tengkawang. Kapuas Hulu adalah penghasil tengkawang terbesar di Kalimantan Barat. Selain itu masih banyak lahan tidur di Kapuas Hulu yang bisa digarap untuk sektor perkebunan lainnya. "Lahan tidur inikan bisa dimanfaatkan untuk membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran," tegas Bupati. 

Bupati menambahkan, Pemkab Kapuas Hulu juga tengah mengembangkan sektor perkebunan ubi kayu, itu untuk produksi mokaf. Tentunya pengembangan itu, perlu dibaringi sumber daya manusia yang mumpuni. "Sumber daya alam kita luar biasa, namun keberhasilan pengelolaannya tergantung teknologi dan sumber daya manusianya. Maka dari itu, mahasiswa harus belajar serius agar jadi generasi intlektual yang produktif, sehingga mampu memenuhi kebutuhan daerah," pesan Bupati. 

Terkait kehadiran PDD Polnep di Kapuas Hulu, Bupati menilai perguruan tinggi tersebut sudah berkembang dengan baik. Hal itu tak terlepas dari Komitmen Pemda Kapuas Hulu yang sangat besar terkait pendirian politeknik, khususnya dari sisi pendanaan. "Beberapa tahun disisihkan dana untuk politeknik," ujar Bupati Nasir. 

Bahkan Pemkab Kapuas Hulu juga mengusulkan langsung kepada Presiden Jokowi, agar dapat membantu pembangunan PDD Polnep Kapuas Hulu dari APBN. "Terkait politkenik itu sudah jadi atensi Presiden. Ini disampaikan Presiden saat ketemu di istana Bogor, beberapa bulan lalu," ucap Bupati Nasir. (nes)

Advertisement
pena iklan

Related

Berita 2586239060867485396

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item