Dokter Telat Datang, Pasien Keluhkan Pelayanan RSUD Putussibau

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com- Pasien di poliklinik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Ahmad Diponegoro Putussibau mengeluhkan sering telatnya dokter datang sehingga membuat pelayanan terlambat.

Asnawati salah satu pasien klinik kandungan mengaku dari pukul 08.00 Wib sudah menunggu untuk mendapatkan pelayanan dokter. Namun sayangnya hingga jam 12.00 Wib, sang dokter belum datang. 

"Biasa dokter kandungan disini datangya jam 10.00 Wib hingga 11.30 Wib. Tapi hari ini agak terlambat datangnya," katanya, Senin (29/10). 

Asnawati mengatakan, sudah tiga kali dirinya datang ke klinik kandungan, pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit tidak pernah tepat waktu sehingga pasien dibiarkan harus menunggu lama. "Mana kita nyaman menunggu terlalu lama seperti ini, apalagi dalam kondisi hamil. Capeknya sangat terasa,"'ungkapnya. 

Santi pasien lainnya mengungkapkan hal serupa, ia mengaku jenuh menunggu kedatangan dokter yang tidak tepat waktu, saking jenuhnya ia terkadang sambil berbaring menunggu dokter. 

"Paling cepat jam 10.00 Wib dokter disini melayani pasien, bahkan saya pernah dilayani hingga jam 14.00 Wib," ucapnya. 

Santi yang sudah mengandung 9 bulan ini mengharapkan, agar setiap dokter ini bisa ditambah, sehingga ketika salah satu dokter itu sibuk, tentu ada penggantinya. "Kalau pelayanannya lama seperti ini, buat kami kesal. Kan kasihan dengan pasien yang jauh rumahnya," ujarnya. 

Pasien lainnya Linda mengungkapkan hal serupa, pelayanan seperti ini bukan hanya terjadi di klinik kandungan saja, namun juga di klinik-klink lainnya. 

"Paling cepat jam 10.00 Wib dokter disini baru melayani pasien rawat jalan," katanya. 

Linda yang menunggu dokter kandungan dari jam 08.00 Wib ini mengaku kesal, karena harus menunggu lama sehingga waktunya terbuang sia-sia. Sementara dokter yang ditunggu tak kunjung datang. 

"Bahkan ada pasien yang pulang karena tidak mampu menunggu kedatangan dokter," ungkapnya. 

Wanita berusia 30 tahun ini mengharapkan agar pihak rumah sakit dapat memperbaiki pelayanannya terutama dokter yang tidak tepat waktu agar dapat diberi sanksi. 

"Selaian itu kita minta agar dokter disini dapat ditambah agar pelayanan disini lebih baik dan pasien tidak lama menunggu,"  kesalnya. 

Sementara itu Harisson Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu belum berani komentar soal keluhan pasien terhadap keterlambatan dokter dalam memberikan pelayanan pada pasien.

"Kalo teknis begitu tanya Direktur," katanya. 

Hanya saja kata Harisson soal harapan masyarakat adanya penambahan dokter di Kapuas Hulu ini, menurutnya penambahan dokter itu sangat bergantung Kementerian Kesehatan.

"Kita ini sudah sering minta penambahan, bahkan kita juga sudah memberikan insentif yang besar utk dokter spesialis agar mereka mau bertugas di Kapuas Hulu," ujarnya. 

Lanjut Harisson, namun karena dokter spesialis sangat terbatas dan daerah di Indonesia ini sangat luas dan masih banyak yang membutuhkan dokter spesialis, mak kementerian kesehatan menugaskan dokter spesialis berdasarkan prioritas daerah

"Kemenkes lebih mengutamakan daerah yang belum ada spesialisnya. Kalau Kapuas Hulu dokter spesialisnya hampir lengkap, cuma kalau untuk ditambah menjadi 2-3 orang dokter spesialis sejenis mungkin kita masih harus menunggu," pungkasnya. (AS) 


Advertisement

Related

Berita 4599895113014368295

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item