Aparatur Desa Wajib Dilindungi BPJS Ketenagkerjaan

pena iklan

PUTUSSIBAU- Aparatur desa kini bakal mendapatkan perindungan dan jaminan sosial ketenagakerjaan . Mereka nanti akan terlindungi oleh program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK). 

BPJSTK Kapuas Hulu saat ini memang gencar melakukan sosialisasi perlindungan dan jaminan sosial ketenagakerjaan. Tanggal 11 Oktober kemarin BPJSTK Kapuas Hulu melakukan kunjungan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kapuas Hulu. 

“Hasil pembicaraan kemarin, memang untuk anggaran pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaaan sudah tersedia, aparat desa itu tinggal eksekusi untuk anggaran tersebut. Soalnya di Permendagri No. 20 Tahun 2018 sudah disebutkan bahwa anggaran belanja pegawai itu sudah ada,” kata Wahyu Diannur Kepala BPJSTK Kapuas Hulu, Jumat (12/10). 

Wahyu mengatakan, di Kapuas Hulu sendiri, belum semua SKPD melindungi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Sipil (PPNPNS), dari sekian banyak SKPD hanya Disnaker , BKPSDM, Dinas Perikanan, Pemdes sebagian, guru-guru honorer dibawah Dinas Pendidikan Kebudayaan  yang melindungi tenaga kerjanya. 

“Nanti juga kami akan melakukan sosialisasi kembali ke Dinas Pariwisata dan Olahraga,” ucapnya. 

Wahyu menjelaskan, pihaknya memang lagi gencar-gencarnya melakukan sosialisasi perlindungan dan jaminan sosial kepada SKPD-SKPD yang ada, soalnya ini merupakan amanah pemerintah. Selain itu juga pihaknya juga sudah mendapatkan dukungan  dari Bupati Kapuas Hulu untuk melakukan sosialisasi kepada SKPD.

“Bupati juga sudah mengeluarkan Surat Edaran sebelumnya, dimana beliau mengharap seluruh tenaga honorer di SKPD tersebut dapat didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” pungkasnya. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 5599258912739276458

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item