Wabup Buka Penyuluhan Retribusi dan Pajak Daerah

pena iklan

Penakapuas.com – Pemkab Sekadau menggelar penyuluhan retribusi dan pajak daerah yang diselenggarakan di Mess Pemda, Jalan Merdeka Barat, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (27/9). Pajak yang dibayarkan kemasyarakat akan kembali kepada masyarakat melalui pembangunan, baik itu jalan, jembatan dan lain sebagainya. Sehingga, pembangunan tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menuturkan, penyuluhan retribusi dan pajak daerah yang tersebut merupakan kegiatan atau amanah yang telah terjadwal setiap tahunnya. Hal itu, sesuai Perda Kabupaten Sekadau Nomor 1 tahun 2011 sebagaimana telah dirubah dengan perubahan kedua nomor 4 tahun 2012 tentang Pajak Daerah. 

“Untuk melaksanakan amanah tersebut sangat diperlukan penyuluhan dan sosialisasi Perda dalam rangka memberikan informasi yang luas dan jelas tentang retribusi dan pajak daerah,” ujar Aloy.

Setidaknya ada sejumlah jenis pajak daerah, seperti pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan bantuan. Kemudian, pajak parkir, pajak air tanah, pajak PBB-P2, PBHTB dan pajak sarang burung walet.

Aloy mengatakan, jenis pajak yang melibatkan seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau adalah PBB-P2 yang bersifat kebendan dalam arti besarnya pajak terutang ditentukan oleh keadaan objek yaitu bumi atau tanah dan atau bangunan. Sedangkan, waktu pembayarannya palong lambat 30 September setiap tahunnya.

“Kami berharap semua pihak, petugas pajak termasuk pihak desa dan masyarakat sebagai objek pajak untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya agar pembayaran PBB-P2 tersebut tepat waktu,” ucapnya.

Aloy mengungkapkan, PBB-P2 saat ini sebagai salah satu komponen pendapatan asli pajak daerah (PAD). Untuk itu, kata dia, perlunya menginventarisir data dasar wajib pajak atau data base. Sebab, dengan tersedianya data base wajib pajak maka dapat diproyeksikan target pendapatan sesuai potensi. Sehingga, target yang ditetapkan dapat tercapai.

“Untuk itu kegiatan ini merupakan momentum yang sangat penting dan strategis dalam mendukung koordinasi antar petugas sedangkan secara strategis,” ungkapnya.

Aloy menilai, penyuluhan tersebut merupakan wadah dalam rangka tanggungjawab dan konsistensi antar petugas. Sehingga, dapat mengoptimalkan partisipasi masyarakat dan menjamin partisipasi masyarakat dan menjamin tercapainya penggunaan sunber daya secara efisien, efektif berkeadilan dan berkelanjutan.

“Saya mengimbau agar kita semua membangun komitmen bersama agar segala sesuatu yang akan disepakati dalam penyuluhan ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab khususnya dengan mempertimbangkan kondisi, potensi dan peluang yang ada,” pungkas Aloy.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten III Setda Kabupaten Sekadau, Sekretaris Badan Pengelola Retribusi dan Pajak Daerah Kabupaten Sekadau, jajaran SKPD, pihak desa dan tokoh masyarakat. (IN)

Advertisement
pena iklan

Related

Sekadau 113680778878336408

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item