Tindak Tegas Pengusaha Lokal Tak Bayar Pajak

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com- Proyek APBD Kapuas Hulu setiap tahunnya selalu ditangani oleh pengusaha-pengusaha lokal yang memiliki alat berat dan lainnya. Namun sayangnya dari pengusaha lokal tersebut hampir semua tidak membayar pajak alat berat. Banyaknya pengusaha lokal tak bayar pajak mendapat sorotan dari LSM di Kapuas Hulu.  Sudah seharusnya pemerintah menindak tegas terhadap pengusaha lokal yang tidak membayar pajak.  

"Di Kapuas Hulu ini ada ratusan pengusaha lokalnya, namun pengusaha yang memiliki alat berat ini hanya belasan orang saja. Namun dari mereka ini semuanya tak bayar pajak," kata Tabrani Sekretaris LMPI Kapuas Hulu, Senin (10/9).

Menurut Tabrani, seharusnya tak wajar rasanya jika pengusaha-pengusaha besar yang mendapatkan proyek APBD tidak membayar pajak. 

"Kami mengharapkan kedepannya dalam proses lelang, harus melampirkan pelunasan pembayaran pajak alat berat sesuai dengan ketentuan," ujarnya. 

Sementara itu Ketua LP KPK Kapuas Hulu Syarifudin mengatakan, semestinya pemerintah daerah harus melakukan penindakan tegas terhadap pengusaha besar yang tak membayar pajak. 

"Kita minta kepada pengusaha lainnya untuk sadar bayar pajak demi pembangunan Kapuas Hulu," katanya. 

Ditambahkan Sutarman Petugas Penagih Pajak Samsat Kapuas Hulu membenarkan banyak pengusaha lokal di Kapuas Hulu ini tidak bayar pajak. 

"Kalau dihitung-hitung jika mereka bayar itu setahun itu ada setengah miliar," tuturnya. 

Sutarman mengungkapkan, dirinya mengaku bingung dan pusing juga dalam melakukan penagihan karena pihaknya sudah sering juga mendatangi yang bersangkutan. 

"Setiap kita tagih mereka selalu banyak alasan, sementara dalam penagihan pajak selalu ada target," ujarnya. 

Lanjut Sutarman, jika berbicara aturan, bagi setiap pengusaha yang sudah diberikan surat peringatan bayar pajak dan tetap melanggar, pihaknya bisa saja menerapkan aturan pelarangan operasi terhadap alat berat mereka. 

"Tapi hingga hari ini kita belum melakukan tindakan seperti itu," ucapnya. 

Sutarman pun mengimbau kepada pengusaha di Kapuas Hulu ini untuk membayar pajak. "Inikan demi pembangunan Kapuas Hulu juga," pungkasnya. (AS) 


Advertisement

Related

Berita 3413802208018659636

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item