Sukiman: Deklarasi Ganti Presiden Tidak Langgar Aturan

pena iklan

Penakapuas.com-Belakangan ini sejumlah daerah mengalami konflik antara masyarakat pendukung dan penolak gerakan #2019GantiPresiden.

Aparat keamanan pun sampai harus membubarkan atau membatalkan kegiatan ini untuk menekan potensi konflik yang berkepanjangan di dalam masyarakat.

Gerakan ini seperti koin dengan dua sisi berbeda. Ada pihak yang menganggap gerakan ini sebagai ekspresi politik yang wajar. Di sisi lain, ada pihak yang melihat gerakan ini cenderung mengkhawatirkan.

Namun dimata Anggota DPR RI Dapil Kalbar H. Sukiman menilai gerakan ganti Presiden 2019 tersebut sama sekali tidak melanggar aturan dan itu sah saja dilakukan. "Diera demokrasi ini, silakan siapa saja melakukan gerakan ganti Presiden itu, perbedaan ini jangan dijadikan persoalan. Tapi perbedaan ini justru sebuah pendewasaan demokrasi. Jangan hanya karena perbedaan dukungan membuat kita terpecahbelah," katanya, Minggu (2/9). 

Sukiman juga menyayangkan selama ini ada aparat kepolisian yang berusaha melakukan pencegahan maupun pelarangan terhadap deklarasi ganti Presiden. Menurutnya apa yang terjadi selama ini belum tersosialisasi dengan baik.

 "Sebenarnya aturan kita, jika hanya untuk menyampaikan deklarasi ganti Presiden itu, menurut saya tidak salah. Tetapi mungkin deklarasi itu dipandang oleh teman kepolisian mengganggu ketertiban masyarakat. Namun jika mereka menyampaikanya secara baik dan bermartabat, saya pikir tak ada masalah," ujarnya. 

Untuk itu Sukiman berharap, aparat baik TNI-Polri agar dapat bersikap netral dan berbijak arif, artinya  tidak ada memihak kepihak manapun. 

"Kita berharap aparat itu dapat menjadi aparatur yang baik dan tidak menunjukkan keterpihakannya kepada yang lain. Karena mereka itu sudah digaji untuk menjaga keamanan dimasyarakat," pungkasnya. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Berita 8255915446264872759

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item