Sosialisasi Dukungan Informasi Penyediaan Permodalan

pena iklan

Penakapuas.com - Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Sekadau menggelar sosialisasi dukungan informasi penyediaan permodalan dan bimbingan teknis pengisian form pendataan pelaku usaha mikro. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mess Pemda Sekadau, Jalan Merdeka Barat, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Rabu (19/9). 

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Sekadau, Hironimus menuturkan, koperasi dan UKM sangat berpengaruh terhadap perekonomian. Untuk itu, kata dia, pihaknya memiliki tugas untuk menggerakan perekonomian khususnya di Kabupaten Sekadau. 

"Pendataan UKM di Sekadau dilakukan untuk dilakukan pembinaan," ujarnya. 

Hironimus mengatakan, untuk izin UMKM tidak perlu dilakukan langsung ke dinas. Hal ini, kata dia, cukup dikeluarkan oleh kecamatan masing-masing melalui program pelayanan administrasi terpadu satu pintu (PATEN). 

"Izinkan dikeluarkan gratis. Kami juga dalam hal ini melibatkan Bank Kalbar selaku penyedia jasa keuangan tersebut untuk membantu pelaku usaha," ucapnya. 

"Mudah-mudahan kedepan para pelaku usahanya bisa berkembang. Apalagi bila adanya pinjaman," timpalnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Tika mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan pelaku usaha dan pemerintah desa. Ia mengatakan, adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 60 orang, terdiri dari pelaku usaha dan pemerintah desa. 

"Sosialisasi ini melibatkan beberapa pihak, yaitu Bank Kalbar Cabang Sekadau dan Kadin Sekadau yang memang menjadi mitra dalam usaha mikro di Sekadau," ungkapnya. 

Ia mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan menggerakkan perekonomian tingkat mikro di masyarakat supaya bisa mandiri dan maju. Sedangkan, kata dia, pemerintah desa selaku mitea pendataan pelaku usaha yang ada di desa. 

"Karena desalah yang mengetahui dan menyimpan data-data usaha mikro yang diurus para pelaku usaha. Harapan kedepan agar pelaku usaha dan semua pihak yang berkaitan supaya bisa bekerjasama dengan baik demi perekonomian di Sekadau,* jelasnya. 

Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Kabupaten Sekadau, A Rusmin Nuryadin mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya, hal ini berkaitan dengan perdagangan di masyarakat. 

"Artinya perekonomian melalui usaha mikro sangat berpengaruh pada ekonomi masyarakat itu sendiri. Kami dari Kadin tentu dalam hal teknis dari sisi penyampaian informasi tentang perdagangan akan selalu bersinergis bersama pemerintah dan lembaga keuangan yang ada di Sekadau," pungkasnya. (IN)

Advertisement
pena iklan

Related

Sekadau 4180244290673250273

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item