Prihatin, Tiga Desa di Kalis Tak Tersentuh Air Bersih

pena iklan

Penakapuas.com- Entah apa salah dan dosa dari tiga desa di Kecamatan Kalis ini, hingga hari ini tiga desa yakni Desa Tekudak, Tanjung Jaya dan Tanah Putih ini tidak pernah mendapatkan sentuhan pembangunan dari pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, terutama pembangunan jaringan air bersih.  

"Ada sekitar 3.000 warga di tiga desa tersebut, mereka disana terpaksa menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari," kata Tambunan Ketua LSM NCW Kapuas Hulu, Senin (3/9). 

Menurut Tambunan, pemerintah daerah sepertinya pilih kasih dalam melakukan pembangunan, padahal tiga desa tersebut jaraknya sangat dekat dengan ibu Kota Kabupaten. Namun untuk membangun jaringan air bersih saja untuk masyarakatnya kesulitan. 

"Sudah beberapa kali masyarakat disana itu mengajukan pembangunan saluran air bersih, tapi Pemkab tak menanggapi," ucapnya. 

Lanjut Tambunan, untuk sumber air ditiga desa tersebut sebenarnya ada, karena wilayah tersebut terdapat beberapa bukit yang mengalirkan air bersih. Hanya saja untuk mengalirkan air bersih ketempat warga tersebut yang menjadi persoalan."Untuk bangun jaringan air bersih dengan DD dan ADD, saya rasa kurang karena memakananggaran yang besar dan memang harus Pemkab Kapuas Hulu turun tangan," ujarnya.  

Sambung Tambunan, Pemkab Kapuas Hulu janganlah menganaktirikan desa yang ada di Kecamatan Kalis tersebut. Ia berharap pembangunan di Kapuas Hulu ini merata dirasakan seluruh desa. 

"Tentunya masyarakat di tiga desa Kecamatan Kalis juga merasa cemburu dengan desa lain yang sudah memiliki jaringan air bersih. Sementara tempat mereka belum, saya harap pemerintah dapat mempertimbangkan keluhan masyarakat ini kedepannya," pungkasnya. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 9078013529723756778

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item