Polsek Nanga Taman Gencar Cegah Karhutla

pena iklan


Penakapuas.com Jajaran Polsek Nanga Taman gencar memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan. Hal itu sesuai dengan maklumat Kapolda Kalbar tentang kewajiban, larangan dan saksi pembakaran hutan dan lahan (Karhutla).
Kapolsek Nanga Taman, IPDA Didik D Putra menuturkan, pihaknya saat ini terus mensosialisasikan hal tersebut kepada pihak desa. Dengan begitu, kata dia, diharapkan masyarakat tidak lagi membakar hutan dan lahan.
“Tentu ada sanksi ditindak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Didik, Kamis (6/9).
Didik mengatakan, pihak desa menyampaikan saat ini masih ada yang belum melakukan pembakaran. Kearifan lokal diberlakukan bila cuaca tidak dalam kondisi kemarau dan disarankan agar masyarakat membakar diatas pukul 16.00 wib dan tidak lebih dari 2 hektar.
“Sebelumnya kita sudah membuat pernyataan. Tapi sekarang itu tidak berlaku lagi. Saat ini adalah penindakan dengan tegas,” ucapnya.
Didik mengungkapkan, setiap hari personel Polsek Nanga Taman selalu memberikan imbauan kepada masyarakat mengenai adanya sanksi hukum yang diberlakukan. Selain itu, kata dia, pihak Kecamatan, Koramil, desa dan adat turut mensosialisasikan mencegah terjadinya karhutla.
“Dengan harapan khususnya di Kecamatan Nanga Taman tidak ada yang terjerat hukum berkaitan dengan karhutla. Saat ini belum ada masyarakat di Nanga Taman yang diproses hukum terkait karhutla,” pungkasnya. (IN)
Advertisement

Related

Sekadau 2488334569095474081

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item