Polres Sekadau Lakukan Penertiban PETI

pena iklan


Penakapuas.com- Polres Sekadau bersama Polsek Belitang Hilir menertibkan aktiviyas pertambangan emas tanpa izin (PETI) di tepian Sungai Kapuas, Desa Entabuk, Kecamatan Belitang Hilir. Hal ini juga sebagai tindaklanjut atensi Polda Kalbar terhadap zero ilegal. 
AKBP Anggon Salazar Tarmizi, Kapolres Sekadau menuturkan, setiba di lokasi petugas menemukan tiga lanting yang diduga merupakan alat untuk aktivitas PETI. Saat penertiban tersebut polisi tak menemukan para penambang emas tersebut. 
"Posisi lanting saat ditemukan dalam keadaan tertambat di dekat pemukiman warga dan ditinggal oleh pemiliknya. Hingga saat ini, identitas pemilik lanting belum diketahui sambil menunggu hasil dari penyelidikan lebih lanjut," ujar Anggon, Rabu (5/9). 
Pihaknya, kata Anggon, mengamankan sejumlah barang bukti tersebut dan dibawa ke Mapolres Sekadau. Anggon menegaskan, penertiban akan terus dilakukan di seluruh wilayah hukum Polres Sekadau dengan emndataa lokasi PETI yang masih aktif sebelumnya. 
Hal ini sebagai langkah shock therapy, agar para cukong dan pekerja PETI tidak lagi melakukan kegiatan tersebut.
"Karena selain melanggar hukum, aktivitas PETI mempunyai beberapa dampak negatif, antara lain rusaknya ekosistem sekitar serta tercemarnya air sungai akibat penggunaan air raksa (merkuri)," pungkasnya. (Humas Polres Sekadau/IN)
Advertisement

Related

Sekadau 2565389206088118936

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item