PKK Gelar Rakon Bagi PKK Kecamatan dan Desa se- Kabupaten Sekadau

pena iklan

Penakapuas.com – Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau menggelar rapat konsultasi (Rakon) PKK bagi Tim Penggerak PKK Kecamatan dan desa se Kabupaten Sekadau di Gedung Kateketik, Jalan Merdeka Selatan, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Senin (17/9) malam. Rakon tersebut mengangkat tema integrasi program PKK dalam mendukung keutuhan kerukunan keluarga sebagai perekat negara kesatuan Republik Indonesia.

Bupati Sekadau, Rupinus mengapresiasi digelarnya rakon tersebut. Menurutnya, Tim Penggerak PKK dan para kadernya memiliki kiprah yang luar biasa, baik sebagai mitra ujung tombak dan pencetus gagasan.

“Bersama Pemkab Sekadau bergandengan tangan dengan tujuan yang sama, yaitu menuju masyarakat Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri dan berdaya saing melalui 10 program pokok PKK,” ujarnya.

Rupinus juga mengajak seluruh stakeholder turut serta dalam mendukung program PKK. Mengingat, salah satu yang menjadi tantangan Pemkab Sekadau saat ini adalah stunting atau masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan tidak sesuai kebutuhan gizi.

“Kerjasama instansi terkait dengan tim penggerak PKK sangat penting. Melalui kampanye pemberian gizi kepada anak di posyandu dan melalui kegiatan PKK lainnya. Apalagi stunting berkaitan dengan pola hidup,” ucapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus mengatakan, rakon tersebut merupakan program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau dengan mengikutsertakan tim penggerak PKK kecamatan dan desa se Kabupaten Sekadau. Kegiatan tersebut, bertujuan menyampaikan hasil rapat konsultasi tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar tanggal 5 September lalu serta menyingkronkan atau menyelaraskan hasil rakernas PKK yang digelar 2015 lalu.

“Melalui rakon ini diharapkan dapat menghimpun saran dan pendapat untuk menyempurnakan dalam membuat program. Sehingga program dapat dilaksanakan dengan baik,” ungkapnya.

Kristina menjelaskan, rakon tersebut juga melibatkan kepala SKPD khususnya leading sektor terkait. Sebab, program PKK baik kebijakan maupun teknis pelaksanaannya tidak dapat dipisahkan dengan tugas dan tanggungjawab pemerintah serta instansi atau SKPD terkait.

“Harapan kami kerjasama kemitraan PKK dengan instansi terkait selama ini terus berjalan dengan baik. Meski tidak dipungkiri di PKK masih terlihat keterbatasan SDM, tetapi PKK Kabupaten Sekadau terus berupaya melaksanakan kegiatan secara optimal,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan rakon tersebut yaitu mengkoordinasikan dan menciptakan kesamaan pemahaman tentang program kerja PKK dari pusat hingga ke desa, sesuai dengan skala prioritas. Kemudian, mensinergikan program kerja dengan SKPD terkait.

“Peserta dari seluruh kecamatan dan desa se Kabupaten Sekadau. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dua hari, yaitu 17–18 September,” katanya singkat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi, Kajari Sekadau, Andri Irawan, Kepala Satpol PP Kabupaten Sekadua, Plt Direktur RSUD Sekadau, jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Camat se Kabupaten Sekadau dan kepala desa se Kabupaten Sekadau, pengurus Bhayangkari Cabang Sekadau dan Persit Kabupaten Sekadau. (IN)

Advertisement
pena iklan

Related

Sekadau 3520427335273618909

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item