Penerimaan CPNS, Dinkes Kapuas Hulu Usulkan 50 Formasi Tenaga Kesehatan

pena iklan

Penakapuas.com- Informasi akan adanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini oleh Pemkab Kapuas Hulu. Beberapa OPD dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu pun mulai mengusulkan formasi untuk mencukupi kebutuhan di instansinya masing-masing. 

Sama halnya dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kapuas Hulu. Pada penerimaan CPNS tahun ini, Dinkes Kapuas Hulu sudah mengusulkan 50 formasi tenaga kesehatan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN). 

"Kenapa kami tak mengusulkan lebih banyak, karena kami hanya dijatahi segitu saja. 50 formasi ini baru usulan, kita tidak tahu apakah disetujui semua," kata Harisson Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Kamis (6/9). 

Harisson menjelaskan, dari 50 formasi tenaga kesehatan yang diusulkan tersebut mulai dari kebutuhan dokter umum sebanyak 8 orang, dokter gigi 1 orang, perawat 12 orang, bidan 9 orang, Kesehatan Masyarakat 4 orang, Kesehatan Lingkungan 1 orang, Ahli Tekhnologi Laboratorium Medik 5 orang Gizi 3 orang, perekam medis 1 orang, perawat gigi 1 orang, Asisten Apoteker 2 orang dan Apoteker 2 orang. 

"Jika melihat jumlah kekurangan tenaga kesehatan di Kapuas Hulu ini sebenarnya masih banyak," ujarnya. 

Lanjut Harisson, untuk kekurangan tenaga kesehatan di Bumi Uncak Kapuas dapat dilihat dari data yang ada seperti dokter umum saja kurangnya sebanyak 24 orang, dokter gigi 24 orang, perawat 245.orang, bidan 134 orang, tenaga kesehatan masyarakat 1 orang, Kesehatan Lingkungan 1 orang, Laboratorium Medik 6 orang, gizi 25 orang, Apoteker 21 orang dan masih banyak lagi yang lainnya. 

"Untuk menutupi kekurangan tenaga kesehatan tersebut, kita pun merekrut tenaga kontrak dan juga dibantu dari tenaga Kementrian yakni nusantara sehat," jelasnya. 

Sejauh ini kata Harisson tenaga kontrak di Kapuas Hulu berjumlah 228 orang, sementara tenaga nusantara sehat berjumlah 39 orang. 

Sambung Harisson, ia berharap dalam penerimaan CPNS tahun ini agar putra-putri daerah lebih diutamakan ketimbang putra luar daerah. "Soalnya pengalaman yang sudah dialami selama ini, ketika menerima dari tenaga luar, belum sampai lima tahun bertugas, yang bersangkutan sudah minta pindah dengan berbagai alasan," pungkasnya. (AS) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5222284896298269864

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item