Pencanangan Kampung KB di Desa Tanjung

pena iklan

Penakapuas.com- Bulan bhakti KB Kesehatan bhayangkara dan pencanangan kampung KB di Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir digelar, Senin (3/9). Dalam kegiatan tersebut juga digelar pengobatan gratis, sunat massal, pemasangan KB gratis hingga menebarkan bibit ikan.
Bupati Sekadau, Rupinus menuturkan kegiatan tersebut dirangkaikan dengan berbagai penyediaan layanan kesehatan dan KB gratis. Hal itu merupakan kepedulian pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang kesehatan.
“Masyarakat harus berpartisipasi dalam membangun keluarga sehat dan bahagia sejahtera,” katanya.
Menurutnya, keluarga dari orang-orang yang jumlahnya tidak banyak tetapi karena kualitasnya bagus, maka dari keluargalah negara menjadi kuat. Untuk itu, ia sangat mendukung keluarga berencana dalam mencapai keluarga sehat bahagia sejahtera.
“Sebagai contoh perhatian terhadap agar seluruh masyarakat dan keluarga agar lebih fokus dalam memberikan semua yang diperlukan sesuai kebutuhan tumbuh kembang anak dan dimulai dari keluarga. Kerena itu pula ibu-ibu orang tua anak harus dibekali pemahaman pola asuh yang baik,” ucapnya.
Untuk mewujudkan keberhasilan program kependudukan, KB dan pembangunan perlu melibatkan peran aktif semua pihak. Bentuk lain adalah kampung KB yang merupakan wujud keterpaduan program dan lintas sektor dalam mengentaskan kemiskinan mendekatkan pembangunan kepada masyarakat.
“Artinya kampung KB tidak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan. Diharapkan kedepan dari segala sisi pembangunan di desa ini lebih baik,” ungkapnya.
Rupinus mengatakan, kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan total program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga (KKBPK) secara utuh disemua lini. Sehingga, perlu kerja sama semua pihak dengan azas gotong royong dalam membangun kampung KB ini.
“Semoga pelaksanaan kegiatan bulan bhakti KB kesehatan dan kampung KB di Tanjung dapat berhasil sesuai yang diharapkan,” harapnya.
Sementara itu, Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi mengatakan, kampung KB merupakan kegiatan lintas sektoral melibatkan Dinas Kesehatan, BKKBN dan unsur terkait lainnya. Hal itu, menindaklanjuti program pemerintah untuk mengatasi masalah kependudukan serta terbinanya peserta KB aktif.
“Pencanangan tersebut merupakan program tahunan dan komitmen serta kepedulian Polri dalam memberikan pengabdian terbaik melalui penyediaan layanan kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarkat. Dengan masalah kependudukan dan memiliki dampak yang luas terhadap segala sendi kehidupan,” jelasnya.
Anggon mengatakan, harus ada will power, kemauan atau tekad dalam diri dalam mendukung dan mensukseskan program KB. Ia berharap, agar program yang telah dicanangkan dapat berjalan dengan dukung seluruh masyarakat.
“Apabila sudah tahu manfaatnya, maka akan sadar bahwa program tersebut sangat berguna bukan hanya untuk keluarga tapi juga bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Ketua Bhayangkari Cabang Sekadau dan Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau serta Kapolsek jajaran Polres Sekadau. (IN)
Advertisement
pena iklan

Related

Sekadau 2054691363490489580

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item