Nasir Suarakan Kebutuhan Kapuas Hulu di Konfrensi Transfer Fiskal

pena iklan

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir saat menghadiri kegiatan konfrensi transfer fiskal kabupaten kaya hutan di Jakarta, Selasa (18/9/18)

Penakapuas.com - Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH menghadiri kegiatan konfrensi transfer fiskal untuk kabupaten kaya hutan di Jakarta, Selasa (18/9) pagi. Pada konfrensi tersebut AM Nasir menegaskan agar kebutuhan Kapuas Hulu sebagai kabupaten kaya akan hutan turut diperhatikan dalam Dana Alokasi Umum (DAU) APBN kedepan. Bupati AM Nasir menjelaskan dalam konfrensi tersebut bahwa konservasi di Kapuas Hulu turut membuat pimpinan daerah sulit melakukan akselarasi pembangunan. Sebab kebijakan-kebijakan yang dibutuhkan untuk percepatan tersebut, selalu terbentur dengan status konservasi. "Kami (Kapuas Hulu) merupakan kabupaten kaya hutan, selama ini kami sulit membangun, sulit melakukan apa-apa, kalau kami menuntut kompensasi tentu wajar," ucap Bupati pada konfrensi yang juga dihadiri pejabat kementerian terkait. 

Bupati menegaskan, Kapuas Hulu tetap komitmen dalam menjaga kelestarian hutan dan sumberdaya hayati demi kemanusiaan dan kehidupan. Akan tetapi kebutuhan daerah Kapuas Hulu, sebagai kabupaten kaya hutan, juga diperhatikan Pemerintah Pusat melalui DAU. "Kami minta Pemerintah Pusat melalui DAU mempertimbangkan kebutuhan nyata kabupaten-kabupaten kaya hutan seperti Kapuas Hulu," tegasnya. 

Bupati berharap agar, Kementerian Keuangan serta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dapat memperioritaskan Kapuas Hulu dalam pengalokasian dari dana pusat. Sebab Bumi Uncak Kapuas masih sangat membutuhkan banyak sektor pembangunan di masyarakat. "Karena cukup banyak masyarakat Kapuas Hulu yang saat ini sulit melakukan pembangunan karena mereka tinggal ditengah-tengah daerah yang berstatus kawasan hutan. Kebutuhan dunia dan kebutuhan masyarakat Kapuas Hulu harus sama-sama diperhatikan oleh Pemerintah," tuntas AM Nasir. (nes)

Advertisement
pena iklan

Related

Berita 4449521557434786181

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item