Banyak Dewan Nyaleg, Tak Ganggu Tugas Legislatif

pena iklan

ilustrasi pileg 2019

Penakapuas.com - Calon legislatif (Caleg) pada Pemilihan Umum 2019 (Pemilu 2019) akan memasuki masa kampanye pada tanggal 23 September 2018 mendatang. Hal ini dikhawatirkan dapat menganggu kinerja lembaga Legislatif, pasalnya cukup banyak anggota dewan di daerah yang kembali mencalonkan diri untuk ikut Pileg 2019. Sementara mendekati akhir tahun, masih ada tugas pembahasan anggaran untuk tahun 2019. 

Ketua DPRD Kapuas Hulu, Rajuliansyah mengatakan, untuk dewan Kapuas Hulu hampir semuanya ikut Pileg 2019. Namun ia meyakini masa kampanye tidak akan menghambat tugas-tugas dewan. "Karena kegiatan akhir November sudah kosong, dan kegiatanpun sudah terjadwal dengan baik tinggal dilaksanakan saja," ucapnya, Kamis (20/9). 

Rajuliansyah mengatakan, anggota DPRD Kapuas Hulu yang lama cuma satu yang tidak mencalonkan diri lagi yaitu Robertus (Wakil Ketua DPRD dari PDI Perjuangan). Sedangkan anggota DPRD yang lainnya rata-rata mencalonkan diri. "Untuk anggota DPRD tidak ada aturan yang mengharuskan mengundurkan diri ketika ditetapkan Caleg 2019 dan ikut kampanye. Jadi meski banyak yang Caleg itu tidak pengaruh dengan kinerja kami," tegasnya. 

Untuk Pileg 2019 nanti, kata Rajuliansyah, ada perbedaaan dapil dari Pileg periode lalu, sebelumnya hanya tiga dapil sekarang menjadi empat dapil. Berbicara dapil, Rajuliansyah menilai memang lebih baik jika Pileg menerapkan sistem empat dapil. "Antara 3 dapil dan 4 dapil, menurut saya yang lebih efisien pembinaan politik dan upaya pembangunannya adalah yang 4 dapil. Semakin sempit kawasan pembinaan politiknya semakin kelihatan pembangunan yang diperjuangkan dewan. Akan tetapi Semuanya itu tergantung lagi dengan orangnya (dewan) yang duduk, bagaimana pembinaan-pembinaannya tentu beda dewan beda cara," tuntasnya. (nes)

Advertisement
pena iklan

Related

Daerah 7420679182551301549

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item