85 Desa di Kapuas Hulu Status Kawasan Hutan Dikeluarkan

pena iklan

Penakapuas.com- Tahun 2018 ini  dipastikan semua desa di Kapuas Hulu statusnya akan dikeluarkan dari kawasan  hutan. Hal ini diungkapkan Budi Prasetyo Kabid Fisik Prasarana dan Pengembangan Wilayah pada Bappeda Kapuas Hulu. 

" Tahun ini saja ada 85 desa di Kapuas Hulu akan dilakukan Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan (PPTKH). 85 desa ini berdasarkan pembahasan atau verifikasi terakhir dengan tim inver PPTKH Kalbar," katanya, Rabu (26/9). 

Budi menjelaskan, untuk 85 desa yang akan dikeluarkan statusnya dari kawasan hutan itu diprioritaskan memang masuk dalam peta indikatif dan desa-desa yang sudah menyerahkan berkas form permohonan untuk dilakukan inventarisasi dan verifikasi lapangan. 

Budi mengatakan, untuk saat ini desa yang akan dilakukan inventarisasi dan verifikasi oleh PPTKH Kalbar yakni Kecamatan Mentebah dan Kalis. 

"Di Kalis itu sembilan desa dan Mentebah tiga desa. Termasuk di Trans Sukamaju dan Pala Gurung," ujarnya. 

Lanjut Budi, jika desa-desa di Bumi Uncak Kapuas ini statusnya sudah dikeluarkan dari kawasan hutan, tentunya masyarakat yang tinggal dipemukiman kawasan hutan ini akan bisa membuat sertifikat tanahnya dengan mudah. 

"Nanti untuk membuat sertifikat tanah tersebut akan disusul dengan program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di tahun 2019," jelasnya.  

Budi tak menampik, selama ini memang desa yang statusnya masuk dalam kawasan hutan sulit berkembang bahkan tertinggal. Maka dari itu pihaknya meminta kepada tim Inver PPTKH Kalbar tidak hanya mengeluarkan status kepemukiman maupun lahan garapan dari kawasan hutan, namun juga dapat mengeluarkan fasilitas umum yang ada di kawasan hutan lindung. 

"Terutama jalan, karena masih banyak jalan kita masuk dalam kawasan hutan, sehingga pemerintah daerah sulit untuk melakukan pembangunan maupun peningkatan jalan selama ini," pungkasnya. (AS) 

 

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 3590565705354289273

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item