10 Tahun RPH di Kedamin Hulu Terbengkalai

pena iklan

Penakapuas.com- 10 tahun sudah Rumah Potong Hewan (RPH) di Jalan Pesantren Kelurahan Kedamin Hulu Kecamatan Putussibau Selatan dibangun. Sayangnya bangunan tersebut justru tak dirawat bahkan terbengkalai. Kondisinya kini pun memprihatinkan, bangunannya pun sudah banyak yang reot dan dipenuhi semak belukar. 

Agustina Sri Rahayu Kasi Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kapuas Hulu mengatakan, RPH tersebut dibangun pada tahun 2008 lalu dengan menggunakan dana Tugas Perbantuan Pemerintah Pusat sebesar Rp200 juta lebih. 

"Yang dibangun itu hanya RPH nya saja, sementara sarana penunjang lainnya belum ada," katanya, Senin (17/9). 

Agustina mengungkapkan, agar bangunan RPH tersebut cepat berfungsi dan tak terbengkalai saat ini, saat itu pihaknya pernah mengusulkan untuk pembangunan sarana penunjang ke pemerintah setempat. 

"Namun karena keterbatasan anggaran akhirnya pembangunan untuk sarana RPH pun tak bisa terbangun sehingga tidak berfungsi seperti saat ini," ujarnya. 

Lanjut Agustina, pihaknya sendiri ada rencana untuk melakukan pengrehaban terhadap RPH yang terbengkalai saat ini, hanya saja pihaknya masih terkendala dengan status RPH tersebut. Pasalnya hingga hari RPH tersebut statusnya masih menjadi milik Provinsi. 

"Kita sudah mengusulkan pengalihan RPH dari Provinsi ke Kabupaten dan sampai hari ini masih berproses. Karena jika statusnya masih milik Provinsi, tentunya akan menjadi hambatan sendiri bagi pemerintah setempat untuk melakukan pengrehaban," ujarnya.

Sementara itu Kuswandi Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu sangat menyayangkan sekali bangunan yang sudah dibangun namun tidak difungsikan. 

"Jika sudah menyangkut anggaran yang sudah direncanakan, tentunya bangunan yang sudah dibangun itu harus digunakan. Kesannya itukan pemborosan,"ujarnya. 

Maka dari itu kata Kuswandi, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan konsultasi dengan eksekutif terkait kenapa RPH tersebut tidak difungsikan.

"Tentunya eksekutif itu mempunyai rencana jangka pendek, menengah dan panjang. Ini nanti yang mau kita pertanyakan," katanya. 

Kuswandi mengatakan, dirinya sendiri sudah melihat RPH yang ada tersebut dan memang sangat disayangkan sekali jika bangunan tersebut dibiarkan terbengkalai seperti itu. 

"Namun memang kita juga tidak bisa.menyalahkan pemerintah saja, terkadang pola masyarakat kita ini juga yang perlu dirubah. Karena pemerintah itu sudah menyediakan fasilitas untuk masyarakat, terkadang masyarakat itu sendiri yang tidak mau diatur pemerintah," pungkasnya. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Berita 8630817132817256194

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item