Pramuka Garda Terdepan Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

pena iklan

Penakapuas.com- Bupati Sekadau, Rupinus menjadi pembina upacara pada peringatan HUT Pramuka ke–57 yang digelar Kwarcab Sekadau di Lapangan EJ Lantu, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (30/8). Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda bangsa Indonesia.

“Gerakan pramuka tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Dari pelosok desa terpencil sampai ke kota merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Rupinus saat membacakan sambutan Ka Kwarnas dalam upacara tersebut.

Rupinus mengatakan, pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada satya dan darma pramuka harus tertanam dalam hati setiap insan pramuka. Hal ini sebagai pedoman bersikap dan berperilaku.

“Gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia. Tentu harus lebih berperan dalam mendidik generasi milineal dewasa ini,” ucapnya.

Rupinus mengatakan, dalam konteks Indonesia, gerakan pramuka menjadi rumah kita bersama. Menurutnya, hal itu merupakan harapan bangsa kepada gerakan pramuka. Sekat-sekat kamar telah diisi partai politik dan kamar lainnya mungkin telah diisi oleh suku-suku yang ada di Indonesia dan golongan atau kelompok lainnya.

“Untuk itulah, Hari Pramuka ke–57 mengangkat tema pramuka perekat NKRI. Tentu yang dapat mempersatukan bangsa ini adalah negarawan yang menjadi pemimpin yang amanah,” ungkapnya.

Hal ini, kata dia, menegaskan bahwa gerakan pramuka tetap konsiste dan fokus mendidik karakter muda Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI. Diusianya ke–57 tahun merupakan waktu yang tidak pendek membuktikan gerakan pramuka telah berkontribusi nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa.

“Bangsa Indonesia tahun 2030 akan mendapatkan bonus demografi yang akan membawa dampak sosial ekonomi. Dapat bernilai positif maupun negatif,” tuturnya.

Melimpahnya jumlah penduduk usia kerja akan menguntungkan dari sisi pembangunan. Sehingga, dapat memacu pertumbuhan ekonomi ketingkat yang lebih tingi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

“Kepada penerima penghargaan saya ucapkan selamat. Terimakasih atas jasa-jasa, pengabdian dan kerjasama selama ini dalam meningkatkan aktivitas dan kualitas gerakan pramuka,” kata dia.

“Semoga penghargaan yang telah diterima dapat memacu dan mendorong kakak-kakak membantu tanpa bosan dan lelah guna memajukan gerakan pramuka dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan bangsa ini,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Waka Mabicab Sekadau, Aloysius, Ka Kwarda Kalbar, Suryadi dan rombongan, Ketua GOW Kabupaten Sekadau, jajaran SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, Kapolsek Sekadau Hilir serta jajaran Kwarcab Sekadau. (IN)

Advertisement
pena iklan

Related

Daerah 2148628422691757837

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item