Pemkab-KH Tepis Isu Asap Karhutla Danau Sentarum Masuk Ke Malaysia

pena iklan

Penakapuas.com - Berdasarkan data Pemerintah Kapuas Hulu pada bulan Agustus ini ada delapan titik api yang terpantau satelit akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Beberapa titik api tersebut ada di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Isu yang beredar asap karhutla di kawasan Danau Sentarum berimbas ke wilayah Malaysia.

Isu tersebut dibantah Sekda Kapuas Hulu, Ir. H. Muhammad Sukri. Sukri menegaskan tidak ada efek asap karhutla dari Kapuas Hulu yang mengimbas ke Malaysia. "Itu sudah dimonitor titik hot spot dilapangan oleh Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum, namun tidak berimbas ke seberang (Malaysia)," ucap Sekda usai rapat karhutla di Putussibau, Selasa (21/8).

Sekda menuturkan, Kebakaran memang ada terjadi di Pulau Majang, sekitaran Danau Sentarum. Namun kebakaran tersebut hanya kecil. "Jadi asapnya tidak mungkin lari keseberang sana (Malaysia)," ucapnya.

Sekda menjelas, kalau pun ada asap di wilaya Malaysia itu karena ada karhutla diwilayah setempat, bukan karena karhutla di Kapuas Hulu. "Mereka di seberang ada asap karena memang ada kebakaran juga, ladang di mereka sana ada juga yang dibakar," tuntas Sekda. (nes)

Advertisement
pena iklan

Related

Berita 2962995992523662076

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item