PANA Kapuas Hulu Gencar Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba

pena iklan

Penakapuas.com- Pemuda Anti Narkoba (PANA) Kapuas Hulu terus gencar melakukan sosialisasi terhadap penyalahgunaan narkoba. Kali ini 100 pelajar mengikuti sosialisasi tentang penyalahgunaan narkoba dan narkotika di Gereja GKMI Pala Pulau Desa Pala Pulau Kecamatan Putussibau Utara. Sosialisasi penyalahgunaan narkoba ini dengan menggandeng Reserse Narkoba Polres Kapuas Hulu, Sabtu (18/8).  

“Sosialisasi ini sudah yang ketiga kal. Jadi kami kerja sama dengan Kejaksaan, Pengadilan, Kepolisian, TNI dan pihak lainnya,” kata Yohanes Agustinus Ketua PANA Kapuas Hulu, Minggu (19/8). 

Yohanes mengatakan, pihaknya menyatakan sikap perang terhadap Narkoba. Maka dari itu pihaknya akan berusaha membantu Pemda Kapuas Hulu untuk menanggulangi resiko penyalahgunaan Narkoba di Kapuas Hulu.

“Kita memulai sosialisasi melalui pelajar,Yayasan, Gereja, Masjid dan lainnya,” tuturnya. 

Menurut Yohanes, Putussibau sangat rawan adanya Narkoba, karena berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Soalnya, seperti yang diketahui masih banyak jalan tikus alternatif yang berpotensi untuk penyelundupan barang haram tersebut. 

“Saya sebagai Ketua PANA Kapuas Hulu juga prihatin ketika kunjungan ke Rutan Putussibau belum lama ini, rata-rata penghuninya 50 persen adalah kasus narkoba yang usia bervariasi,”  ujarnya. 

Lanjut Yohanes, narkoba saat ini menjadi ancaman serius bagi generasi muda Indonesia. Terlebih untuk wilayah-wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga. Wilayah perbatasan merupakan pintu utama masuknya barang haram tersebut.

Pihaknya pun merasa khawatir dengan darurat narkoba yang tengah melanda Indonesia saat ini. Menurutnya kondisi tersebut jika dibiarkan berpotensi akan merusak generasi muda bangsa, akibatnya Indonesia akan kehilangan generasi emas untuk memimpin bangsa ini kedepannya.

"Harus ada kepedulian dan kepekaan serta keterpanggilan jiwa kita semua elemen untuk serius dalam memerangi dan memberantas Narkoba,"katanya. 

Ia mengatakan, saat ini narkoba sudah masuk kesemua kalangan mulai dari pelajar tingkat SD, SMP, SMA sampai ke Perguruan tinggi, tidak hanya itu narkoba juga sudah menyasar ke pengurus masjid, gereja, tokoh, artis, pejabat bahkan sampai rakyat kecil.

“Negara kita saat ini mau diruntuhkan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab melalui barang haram itu,"pungkasnya. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 50502340517664957

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item