Masjid Darussalam Berbagi Qurban

pena iklan

Penakapuas.com-Usai pelaksanaan sholat Idul Adha 1439 H, Masjid Darusalam Kelurahan Kedamin Hilir Kacamatan Putussibau Selatan melakukan penyembelihan lima ekor sapi. 

Lima ekor sapi tersebut merupakan patungan dari warga, daging sapi yang sudah disembelih tersebut akan dibagikan kepada masyarakat Kedamin Hilir. 

"Ada 350-400 kantong yang akan kami bagikan, dengan berat rata-rata satu kilo," kata Hairudin Ketua Masjid Darussalam, Rabu (22/8). 

Hairudin yang juga Anggota DPRD Kapuas Hulu ini mengungkapkan, kurban sapi ini dilakukan setiap tahun, hanya saja tahun ini lebih banyak kurban sapinya. 

"Karena kurban tahun ini sudah kami rencanakan jauh-jauh hari, sehingga uang yang sudah terkumpul pun langsung dibelikan hewan kurban," ungkapnya. 

Dalam pembagian hewan kurban ini, pihaknya tidak memberlakukan sistem kupon, melainkan langsung menyalurkan kerumah-rumah. "Kami sudah meminta data kepada RT yang berhak untuk menerima kurban. Kami usahakan satu rumah satu kantong daging kurban," ujarnya.  

Politisi PAN Kapuas Hulu mengatakan, makna kurban pada Idul Adha ini menurutnya ialah bagaimana sesama insan manusia memiliki semangat untuk berbagi.  Karena tidak semuanya orang memiliki semangat dalam berbagi kepada sesama. 

"Qurban merupakan wujud ketaatan dan kasih sayang sesama," ucapnya. 

Ditambahkan Abang Tarmidzi Sekretaris Masjid Darusalam mengatakan, dengan berkurban seperti hari ini, paling tidak sesama manusia itu bisa saling berbagi.

"Karena qurban ini merupakan setahun sekali. Mudah-mudahan tahun depan bisa terlaksana lagi," katanya. 

Menurut Anggota DPRD Kapuas Hulu, siapa saja bisa berkurban asalkan orang tersebut memiliki semangat untuk berkurban. "Bisa sajakan jauh-jauh hari orang yang memiliki ekonomi lebih itu menabung untuk Idul Adha," tuturnya. 

Politisi Nasdem Kapuas Hulu ini pun berharap, sistem kurban kedepan nanti lebih merata. Merata dalam artian, setiap surau juga ada yang berkurban sehingga masyarakat lebih merata merasakan indahnya Idul Adha."Kalau hewan kurban semuanya numpuk di masjid, kasihan juga dengan surau-surau yang ada," pungkasnya. 

Berdasarkan data sementara dari Polsek Putussibau Selatan, di Kecamatan Putissibau Selatan ada 23 ekor sapi yang disembelih dan 6 ekor kambing. Saat ini.pun proses penyembelihan dan pembagian hewan qurban.masih berlangsung. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 5826194407663892228

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item