KUA Putussibau Selatan Siapkan Piagam Peryataan Beragama Islam Bagi Mualaf

pena iklan

Penakapuas.com- Setiap Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Kapuas Hulu selalu menyiapkan Piagam Peryataan Beragama Islam bagi  non muslim yang ingin memeluk agama Islam. 

Begitu juga di KUA Putussibau Selatan, hingga Agustus 2018 ini sudah ada 20 orang non muslim yang memeluk agama Islam (Mualaf). "Kalau secara keseluruhan di Kecamatan Putussibau Selatan ini sudah ada 100 lebih mualaf," kata Iswandi Kepala KUA Putussibau Selatan, Rabu (8/8). 

Iswandi mengatakan, pihaknya sengaja memberikan piagam peryataan beragama islam bagi para mualaf. Hal ini bertujuan untuk menjamin legalitas identitas yang bersangkutan, sehingga tidak diragukan lagi oleh orang lain keislamannya.

"Adanya piagam ini juga membuat  rasa aman dan nyaman bagi mualaf itu sendiri, jadi masuk Islam bagi mualaf tidak hanya mengucapkan kalimat syahadat," ujarnya. 

Iswandi menegaskan, kebanyakan mereka mualaf ini bukanlah adanya paksaan dari siapapun, keinginan mereka memeluk agama Islam sendiri karena mereka mendapatkan hidayahnya sendiri. 

"Rata-rata yang mualaf ini berdasarkan keinginan yang bersangkutan, yang jelas mereka dapat hidayah. Kami juga tidak pernah memaksa seseorang memeluk agama Islam," ujarnya. 

Lanjut Iswandi, dalam memeluk agama Islam sendiri, para Mualaf ini sebelumnya minimal disaksikan oleh dua orang saksi laki-laki beragama Islam. 

"Tak hanya itu dalam memeluk agama Islam. Dari kami selalu menyiapkan surat izin orang tua atau anaknya dari keluarganya. Begitu juga dengan surat pernyataan tidak ada paksaan masuk Islam kepada yang bersangkutan selalu kami siapkan," ujarnya. 

Dirinya berharap mudah-mudahan yang baru beragama Islam ini, tetap pada pendiriannya, bahwa agama Islam merupakan agama rahmatanlilalamin. 

"Saya mengimbau bagi yang ingin masuk Islam silakan bertanya ke tokoh agama maupun datang langsung ke KUA," pungkasnya.(AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 7931700386666247130

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item