Dinas Perikanan Sebut Matinya Jutaan Ikan Di Suhaid Akibat Terperangkap

pena iklan

Penakapuas.com- Matinya jutaan ikan di Sungai Kenelang Kecamatan Suhaid beberapa waktu lalu sempat viral didunia maya. Berbagai asumsi pun sempat menyebar kemasyarakat, ada yang beranggapan matinya ikan tersebut karena zat kimia, limbah lingkungan bahkan karena naiknya suhu air disungai tersebut sehingga membuat ikan banyak yang mati. 

Roni Januardi Kepala Dinas Perikanan Kapuas Hulu mengatakan, matinya jutaan ikan di sungai Kenelang Kecamatan Suhaid tersebut dikarenakan terperangkap oleh alat tangkap nelayan. 

"Jadi matinya jutaan ikan tersebut bisa saja terperangkap atau diperangkap sehingga pada kondisi air sungai kemarau, ada sebagian debit air itu surut, membuat ikan tidak bisa keluar sehingga ikan pun banyak mati," katanya, Senin (27/8). 

Roni mengungkapkan, matinya jutaan ikan tersebut memang masih dilakukan penelitian teknis, apakah kematian ikan tersebut karena zat kimia atau lainnya. 

"Karena untuk mengetahui itu semua, harus dilakukan uji laboratorium, uji laboratorium itu butuh waktu lama. Tetapi persoalan yang kita ketahui dilapangan, ikan itu terperangkap," ujarnya. 

Agar kasus matinya jutaan ikan ini tidak terulang lagi, Roni mengimbau kepada nelayan untuk metode penangkapan ikan secara tradisional misalnya memasang perangkap seperti di sungai Kenelang tersebut supaya bisa dihindari."Kalau ikan terperangkap pada saat air surut maka ikan akan sulit keluar, soalnya ikan sulit untuk mencari tempat aman untuk mereka berlindung," pungkasnya. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Berita 5805614942891698102

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item