Dandim 1206 Psb Harap Polisi Kehutanan Berkualitas

pena iklan

Penakapuas.com- Setelah tiga hari Polhut dari Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) digembleng fisik dan mental dalam Kesamaptaan dan Penyegaran Polisi Kehutanan oleh Kodim 1206 Psb akhirnya berakhir. 

Upacara penutupan latihan kesemaptaan dan penyegaran polisi kehutanan BBTNBKDS dilaksanakan dihalaman Kodim 1206/Psb, Kamis (9/8)

Dandim 1206 Psb Letkol Ibnu Subroto berharap keluar dari sini peserta ltihan penyegaran dan kesemaptaan Polisi Kehutanan berkualitas, mentalnya jadi, profesional walaupun kegiatannya hanya 3 hari yang dimulai dari tanggal 7 hingga 9 Agustus 2018.

"Sekarang kita dihadapkan dengan tantangan Karhutla, Hotspot setiap hari ada,  Diwilayah Kapuas Hulu dengan adanya Karhutla diharapkan Polisi Kehutanan proaktif dalam pencegahan kebakaran hutan," katanya. 

Dandim mengatakan, pencegahan Karhutla adalah perintah langsung Presiden, apalagi saat ini Negara Indonesia menjadi tuan Rumah Asean Games. "Jangan sampai Polisi Kehutanan tidak peka dengan segala Kejadian yang berhubungan dengan hutan khususnya Kebakaran hutan," ujarnya. 

Untuk itu kata Dandim, Polisi Kehutanan harus mempunyai sikap, kepekaan, kedisiplinan dan tanggungjawab karena tugas polisi kehutanan sangat berat seperti kegiatan pengamanan kawasan TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum dan Hutan Negara sesuai amanat peraturan dan UU yang berlaku

Sementara itu Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Arief Mahmud mengatakan maksud dan tujuan polisi kehutanan adalah mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi polhut dalam rangka menurunkan ganguan kehutanan di kawasan TN BKDS. 

"Tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan kemampuan dan keterampilan setiap anggota Polhut sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja dan pengetahuan guna menunjang tugas pokok dan fungsi perlindungan hutan," ujarnya. 

Lanjut Arif, polisi kehutanan merupakan jabatan yang memiliki peranan sangat vital dalam pengelolaan kawasan hutan. Karena dengan keadaan aman maka manfaat hutan akan bisa kita rasakan bersama baik dari segi ekologi, ekonomi dan sosial masyarakat."Oleh karenanya tanamkan di benak kalian untuk selalu bangga, memiliki jiwa korsa yang kuat dalam tim dan profesional dalam bekerja," pungkasnya. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 1712261862272985368

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item