Danau Sentarum Mengering, Buaya Terjebak

pena iklan

Penakapuas.com- Kemarau yang terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu membuat Taman Nasional Danau Sentarum mengering, Minggu (19/8). Keadaan ini berdampak pada hewan yang ada di danau tersebut. Seekor buaya terjebak ditengah danau yang kering tersebut.

Sejumlah warga nelayan di kecamatan Batang Lupar menemukan buaya tersebut dikubangan lumpur sekitar Pulau Melayu (bagian dari kawasan Danau Sentarum). Mereka pun mendokumentasikannya. Buaya yang diperkirakan mencapai 4 meter tersebut tidak bergerak ketika beberapa warga mencoba menyentuh ekornya.

Warga pun memberitahukan tentang buaya tersebut kepada pihak Balai Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum untuk dilakukan evakuasi. 

Arif Mahmud Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum mengatakan, pihaknya sudah ada kelapangan dimana tempat buaya tersebut ditemukan. 

"Sejak semalam kami masih mengamankan TKP dan mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati lokasi. Kita imbau agar masyarakat berhati-hati dan waspada ketika beraktivitas di danau sentarum (danau luar)." katanya, Senin (20/8).

Arif mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan oleh BBTNBKDS terkait temuan buaya Sinyulong di Danau Luar Resort Sepandan kawasan TN Danau Sentarum pd hari minggu 19 Agustus 2018 diantaranya Kepala Bidang Pengelolaan TN Wilayah III Lanjak sudah membentuk tim khusus menangani penemuan buaya tersebut agar lebih efektif dan terencana.

"Tim awal sudah bergerak ke TKP tadi pagi berjumlah tiga org untuk memonitor situasi dilapangan," ujarnya. 

Lanjut Arif, timnya akan berupaya untuk menggiring buaya tersebut ke lokasi yang lebih aman sekaligus memperingatkan warga yg beraktifitas dilokasi tersebut agar waspada, berhati-hati dan tidak mengganggu buaya tersebut.

 "Dalam waktu dekat akan dilakukan sosialisasi kepada warga agar ikut menjaga dan melindungi buaya. Akan dipasang papan peringatan disekitar lokasi karena di lokasi tersebut selama ini banyak aktivitas masyarakat dan merupakan akses keluar masuk dari dan ke Taman Nasional Danau Sentarum," pungkasnya. (AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Berita 5212849613994771210

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item