Terminal Kota Putussibau Tak Terurus

pena iklan

Penakapuas.com- Kondisi terminal Kota Putussibau dijalan Dipenogoro Kelurahan Putussibau Kota Kecamatan Putussibau Utara kian tak terurus. Kondisinya kini memprihatinkan, karena sudah terlihat kumuh. Padahal terminal dalam kota tersebut letaknya tidak jauh dari Pasar Pagi Putussibau.

Kumuh, jorok dan tak terawat, itulah gambaran kondisi terminal Kota Putussibau. Ketidaklayakan kondisi terminal pun sangat disayangkan oleh masyarakat. padahal terminal tersebut masih aktif digunakan sebagai pangkalan sejumlah angkutan umum.  

Hendri warga Putussibau mengatakan, kondisi tersebut salah satu gambaran kurangnya perhatian pemerintah, apalagi itu merupakan fasilitas umum. Dia berharap pemerintah daerah memperhatikan kondisi terminal dalam kota terutama dinas terkait.

"Justru banyak bangunan selama ini tidak berfungsi yang menghabiskan anggaran cukup besar, mestinya pemerintah mengutamakan pembenahan untuk terminal," katanya, Minggu (29/7). 

Warga Putussibau lainnya yakni Andre mengatakan, bahwa Pemkab setempat terkesan tutup mata dengan kondisi terminal. Selain terminal dalam kota, terminal Kedamin juga yang memakan dana miliyaran rupiah sudah betahun-tahun tidak difungsikan sebagaimana mestinya.

Sebenarnya itu persoalan serius dan pemerintah harus mengambil sikap, jika memang fungsi terminal kota Putussibau ingin dialihkan ke terminal Kedamin harusnya mesti ada ketegasan.

"Selama ini diam-diam saja, tidak ada upaya pemerintah, apakah tidak malu dengan kondisi terminal seperti itu, kumuh dan terlantar," ucapnya. 

Sementara itu Abdul Halim Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Hulu mengatakan, pihaknya bukan tidak mau memperhatikan kondisi terminal kota. Menurutnya anggara untuk perbaikan tersebut belum terprioritaskan melalui APBD Kapuas Hulu. “Perbaikan terminal itu bukan kami tidak mau tetapi karena kondisi APBD nya. Apalagi Bupati juga sudah sering lewat jalur terminal itu,” ujarnya.

Menurut Halim bangunan di terminal Pasar Pagi tersebut memang harus dirombak, sebab untuk penataan ulang sudah tidak memungkinkan. Sebab banyak lapak sudah menjadi tempat tinggal masyarakat. “Memang sudah pernah diusulkan untuk terminal itu dibongkar habis saja lalu bangun baru. Karena kalau mau menata ulang itu sudah susah karena kumuh,”pungkasnya.(AS) 

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 6435090250759236093

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item