Rusak Parah Jembatan Sungai Sirak Perlu Dibangun Baru

pena iklan pena iklan
Penakapuas.com- Kondisi jembatan Sungai Sirak, jalan Kyai Mas RT.02 Desa Temuyuk, kecamatan Bunut Hulu kian memprihatinkan. Warga setempat berharap kerusakan jembatan yang memiliki panjang sekitar 20 meter tersebut segera diperbaiki.
Kepala Desa Temuyuk Ahmad Japalus membenarkan, bahwa sejumlah komponen pada jembatan tersebut banyak yang rusak, seperti lantai dan tapak ban pada jembatan yang patah dan terlepas dari pengikatnya.
“Pagar tepi jembatan sudah goyang, tiang juga mulai condong. Kita memang sudah lama berharap agar jembatan tersebut segera ditangani, karena selama rusak ini sudah dua kali makan korban, hanya tidak sampai meninggal,” katanya, Jumat (13/7)
Ahmad mengatakan, fungsi jembatan tersebut sangat strategis, karena merupakan akses penghubung beberapa desa, bahkan ibukota kecamatan Bunut Hulu juga berada sekitar 8 kilometer didalamnya atau ujung desa Temuyuk.
“Jembatan tersebut dilalui setiap hari, baik roda dua maupun roda empat, bahkan truk ekspedisi juga melintas melewatinya. Maka kita rawan lihat kondisinya sudah seperti itu. Saya kadang turun langsung bersihkan tumpukan kayu yang hanyut dan tersangkut pada tiang jembatan itu,” tutur Ahmad.
Dikatakan Ahmad bahwa kerusakan parah sudah hampir setengah tahun ini. Sebelumnya tambah Ahmad, pernah dilakukan rehab, namun hanya sebatas penggantian tapak ban untuk kendaraan lewat. “Itupun sudah lama, maka kami berharap kalau bisa direhab total. Karena menurut kami sangat rawan, pada kayu bagian lantai yang dilalui kendaraan biasa terangkat, sehingga menyebabkan pengendara terjatuh kalau tidak hati – hati,” terangnya.
Ahmad khawatir jika sampai jembatan tersebut ambruk, maka aktivitas warga desa dan ibukota kecamatan lumpuh, karena tidak ada akses lain untuk keluar ke jalan poros lintas Selatan. Karena kata Ahmad ada 5 desa yang harus melintasi jembatan tersebut.
“Jadi kami selaku aparatur desa sangat mendukung pembangunan segera dilakukan, karena kita melihat memang sudah parah. Jangan sampai menelan korban lebih banyak,” pungkasnya. (Ias)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5070675388367383545

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item