Ruhermansyah Turun Langsung Awasi Pendaftaran Caleg di Kapuas Hulu

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com- Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah turun langsung mengawasi pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD Kapuas Hulu di KPU Kapuas Hulu, Selasa (17/7). 

"Kedatangan saya kesini bukan berarti daerah ini rawan. Pengawasan setiap Kabupaten Kota maupun Provinsi itu sama, pengawasannya berjenjang," katanya. 

Hanya saja kata Ruhermansyah, sengaja untuk melakukan pengawasan pendaftaran Bakal Caleg di Kapuas Hulu. Pasalnya Komisioner Panwaslu di Kapuas Hulu tengah terpecah konsentrasinya untuk mengikuti seleksi Bawaslu Kabupaten Kota di Pontianak. 

"Lagipula di Kabupaten Kota yang lain itu jarak tempuhnya masih dekat, sementara di Kapuas Hulu agak jauh," ujarnya. 

Lanjut Ruhermansyah, terkait dengan berapa jumlah Parpol yang sudah melakukan masa pengajuan pendaftaran DPRD Provinsi, Kabupaten Kota, Bawaslu Kalbar belum mendapat laporan. Dari hasil pengawasan juga belum ada pelanggaran yang dilakukan Parpol maupun penyeleggara.

"Sampai hari masih sesuai prosedur, selesai pendaftaran akan ada verifikasi administrasi oleh KPU. Bawaslu juga akan melakukan koordinasi juga soal itu," ujarnya. 

Sambung Ruhermansyah, untuk Pileg 2019 nanti, potensi rawan itu tetap ada, untuk itu Bawaslu Kalbar sudah menyusun peta kerawanan. Maka dari itu Bawaslu Kalbar tetap mewaspadainya terutamanya pada tahap kampanye. "Ditahap kampanya itu sering terjadi politik uang, kemudian kampanye di medsos juga rawan,"  ungkapnya.

 Untuk itu Ruhermansyah mengharapkan, komponen masyarakat maupun stakhoder agar dapat melakukan pendidikan politik kepada masyarakat yakni memilih dengan cerdas. "Tolak politik uang dan tolak politisasi SARA," pungkasnya. (AS)  

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1415644264056425677

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item