Pemerintah Sediakan Sistem LAPOR

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com- Untuk mempermudah masyarakat mengakses layanan pengaduan terhadap pelayanan publik yang diberikan pemerintah, maka akan diluncurkan sistem pengaduan berbasis online atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR)  

Untuk memantapkan penerapan aplikasi LAPOR tersebut, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) kabupaten Kapuas Hulu menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis kepada untuk para staf di sejumlah jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemda Kapuas Hulu, Kamis (19/7)

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik kabupaten Kapuas Hulu Istiwa menyampaikan, pihaknya masih menyiapkan tenaga operator atau admin untuk menjalankan aplikasi LAPOR.

“LAPOR ini salah satu upaya dalam peningkatan pelayanan publik, yang pada akhirnya untuk memperbaiki kinerja pemerintah daerah,” katanya.

Istiwa mengatakan, sasaran penerapan LAPOR juga sampai ke kecamatan, karena kata dia tidak menutup kemungkinan keluhan terhadap pelayanan pemerintah itu lebih dominen di kecamatan-kecamatan.

“Kedepan sampai ke kecamatan juga kita siapkan operator. Karena memang arah kita pada pelayanan publik, baik urusan perizinan, pengurusan KTP, pelayanan Puskesmas, Pertanian, Perikanan dan lainnya,” ujarnya.

Istiwa menambahkan, dalam sistem aplikasi LAPOR tersebut masyarakat bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada setiap OPD. Jika pertanyaan yang sudah masuk di LAPOR belum terjawab, maka kata Istiwa pihaknya akan menindaklanjutinya ke pimpinan.

“Kami bisa buka apakah pertanyaan tersebut sudah terjawab atau belum, itu bisa kita tindaklanjut ke bupati, bahwa ada beberapa pertanyaan masyarakat ke SKPD yang belum terjawab,” ucapnya.

Dikatakan Istiwa, untuk mengakses pertanyaan ke aplikasi LAPOR bisa menggunakan perangkat selular seperti handpone android, atau dengan mengirimkan pesan singkat (SMS). Untuk dukungan jaringan internet, Istiwa mengatakan lumayan, kendati masih lemah. 

“Maka ini kita coba di kabupaten dulu, kalau sistem ini sudah diluncur pasti antusias masyarakat luar biasa,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Kapuas Hulu Ir. H. Muhammad Sukri mengatakan, saat ini memang masih tahap sosialisasi, kemudian sambil melatih admin yang akan menjalankan aplikasi tersebut.

“Kemudian aplikasinya disediakan, setelah itu baru jalan. Aplikasi LAPOR ini akan kita kasi ke semua SKPD dan masyarakat juga. Masyarakat tidak lagi menulis pengaduan di media sosial dan lainnya,tapi langsung melalui aplikasi LAPOR, baik itu kritikan, masukan kepada pemerintah,” kata Sekda usai membuka sosialisasi dan Bimtek LAPOR.

Dalam aplikasi LAPOR tersebut kata Sekda, semua jenis pengaduan masyarakat akan terpantau, bukan hanya Bupati-Wakil Bupati, tetapi Gubernur dan hingga ke pusat juga bisa mengakses pengaduan masyarakat itu.

“Fungsi aplikasi ini memang mempermudah pemantauan, kemudian masyarakat tidak perlu lagi bertanya tentang pelayanan publik di media sosial, atau datang, kemudian melalui surat. Kalau sekarang kan banyak pertanyaan di media sosial, kita menjawabnya juga susah,” jelasnya..

Sekda memastikan, jika tahapan sosialisasi selesai tahun 2018 ini, maka akan di launching penerapannya, supaya masyarakat mengetahui fungsi sistem LAPOR tersebut. Namun kata Sekda, untuk sementara tentu tidak diterapkan di semua kecamatan.

“Karena ini menyakut sistem online, atau jaringan. Tapi nanti akan kita sebarkan ke masyarakat, sejauh itu masih bisa di jangkau maka akan dilaksanakan,” pungkasnya.(yas) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3654950780503136084

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item