Pembangunan RS Pratama Semitau Baru 40 Persen

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com- Untuk memperpendek rentang pelayanan kesehatan masyarakat Kecamatan Semitau dan sekitarnya, Pemkab Kapuas melalui Dinas Kesehatan melakukan pembangunan RS Pratama Semitau. 

Pembangunannya pun kini sudah berjalan, pembangunan menggunakan dana APBN. Pembangunanya dimulai dari tahun 2017 dengan anggaran Rp5 miliar dan dilanjutkan ditahun 2018 dengan anggaran Rp19 miliar. 

"Saat ini progres pembangunan rumah sakit sudah mencapai 40 persen dan masa kontrak hingga November 2018," kata Harisson Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Senin (16/7). 

Harisson mengungkapkan, jika tak ada kendala, RS Pratama Semitau akan selesai dtahun ini juga. Dan benar-benar beroperasi pada bulan Februari 2019.

"Untuk tenaga, kami akan tarik tenaga Puskesmas yang lain untuk bertugas di RS Pratama Semitau. Selain itu akan membuka pendaftaran tenaga honor juga," ujarnya. 

Harisson mengungkapkan, rumah sakit ini diharapkan dapat melayani masyarakat atau pasien rujukan dari Kecamatan Jongkong, Selimbau, Suhaid, Semitau, Seberuang, Silat Hilir dan Silat Hulu. 

"Selama ini masyarakat di kecamatan tersebut merujuk ke RSUD Ahmad Diponegoro di Putussibau dan RSUD Sintang dimana kedua rumah sakit tersebut jauh dari kecamatan tersebut," ujarnya. 

Harisson mengungkapkan, selama ini akses yang jauh dari RS rujukan menyulitkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat lanjut dan akan membuat *golden periode* penanganan kasus kasus emergency atau gawat darurat terlewatkan.

"Saya harap pembangunan RS Pratama Semitau ini dapat membantu pelayanan kesehatan masyarakat," pungkasnya. (AS) 

Advertisement

Related

berita utama 7581161286270702559

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item