Kades Temuyuk Akan Usulkan 40 RTLH Dapat Bantuan Bedah Rumah

pena iklan pena iklan
Penakapuas.com- Desa Temuyuk Kecamatan Bunut Hulu masih banyak masyarakatnya menempati Rumah Tak Layak Huni (RTLH). Sedikitnya ada 40 RTLH yang ada didesa Temuyuk. "Tahun ini akan kami usulkan untuk mendapatkan bantuan bedah rumah ke pemerintah" kata Ahmad Jafalus Kades Temuyuk, Jumat (13/7).
Ahmad mengatakan, banyak warganya yang menempati RTLH tersebut kebanyakan berada dipinggir jalan negara dan pinggir sungai sehingga jika dilihat rasanya tidak enak.
"Awalnya dari pemerintah meminta kita melakukan pendataan RTLH itu sebanyak 35 unit. Namun fakta dilapangan lebih dari itu," katanya.
Meskipun rumah yang mereka data ini layak mendapatkan bantuan, kata Ahmad, muncul masalah baru, untuk mendapatkan bantuan bedah rumah setidaknya persyaratan Surat Keterangan Tanah (SKT) pemilik rumah harus ada. Namun untuk rumah yang berada dipinggir jalan pihaknya merasa kesulitan untuk mengeluarkan SKT.
"Karena terbentur aturan, untuk mengeluarkan SKT itu, jarak rumah dengan jalan itu harus 15 meter. Sementara rumah yang layak mendapatkan bantuan itu, jarak rumahnya sangat dekat dengan jalan sehingga kami sulit untuk melakukan pengukuran pembuatan SKT," ungkapnya.
Untuk menyikapi masalah tersebut, pihaknya akan berkoordinasi lagi dengan pemerintah daerah bagaimana solusinya agar warganya tetap mendapatkan bantuan bedah rumah.
 Sebagai Kades, dirinya sangat mengharapkan warganya yang tinggal di RTLH itu dapat bantuan pemerintah. "Tahun 2019 nanti insyallah warga kami yang tinggal di RTLH akan mendapatkan bantuan pemerintah. Soalnya kami sudah diminta juga datanya. Tinggal menunggu mereka saja nanti yang menentukan apakah warga kami layak mendapatkan bantuan bedah rumah," ungkapnya.
Sementara itu Nurdin salah satu warga Desa Temuyuk mengaku sudah 10 tahun tinggal di RTLH ini. "Kami disini ada tiga Kepala Keluarga yang tinggal dirumah ini," ucapnya.
Nurdin yang sehari-hari bekerja sebagai penambang PETI ini mengatakan, untuk tidur saja didalam rumah ini harus berdempetan karena ukuran rumah yang begitu kecil. "Mau bagaimana lagi kondisinya sudah seperti ini," tuturnya.
Nurdin berharap, dirinya juga ingin punya rumah yang layak ditempati seperti yang lainnya. Maka untuk itu ia sangat mengharapkan bantuan pemerintah setempat untuk membedah rumah mereka. "Hasil kerja yang kami dapat tidak cukup untuk merenovasi rumah ini. Untuk makan saja kami sudah bersyukur," pungkasnya. (AS)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 2513225897730758493

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item