Kapolres Kapuas Hulu Pastikan Tak Ada Kerjasama Polisi Tiongkok di Perbatasan

pena iklan pena iklan

Penakapuas. Hebohnya pemberitaan foto papan plang nama bertulisan 'Kantor Polisi Bersama' berbendera Negara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat membuat Kapolres Ketapang AKBP Sunario langsung dicopot dari jabatannya.
Imbas kasus di Ketapang tersebut langsung dirasakan oleh para Kapolres, khususnya yang bertugas di perbatasan. Paling tidak teguran keras yang didapatkannya dari Kapolda Kalbar hingga dari Mabes Polri.
Hal ini juga yang dirasakan oleh Kapolres Kapuas Hulu AKBP R Siswo Handoyo. Akibat kasus di Ketapang, Kapolres yang baru seminggu menjabat. "Saya juga ditegur keras melalui Vikon langsung dari Mabes Polri baru-baru ini. Dari Kapolda Kalbar juga menegur saya," katanya, saat ditemui dalam acara HUT Bupati Kapuas Hulu di Rumdin Bupati, Jumat (13/7).
Kapolres mengungkapkan, teguran keras yang ia dapatkan ialah, kasus di Ketapang tersebut dapat dijadikan pelajaran, jangan sampai kejadian seperti itu terulang kembali.
"Terutama untuk Kapolres yang memimpin daerah perbatasan," ucapnya.
Lanjut Kapolres, dirinya memastikan di Kapuas Hulu tidak ada pihaknya melakukan kerjasama dengan polisi Tiongkok.
Atas kejadian di Ketapang tersebut pun, dirinya sangat menyayangkan kenapa itu bisa terjadi. Kendati begitu, jika berhubungan dengan keamanan antar negara, menurutnya sudah semestinya melewati instruksi divisi hubungan internasional yang ada di Mabes Polri.
"Seyogyanya memang dalam hal kerjasama yang menyangkut soal keamanan ini harus koordinasi dan kewenangannya ada di Mabes Polri," jelasnya.
Sementara itu Letkol Inf Ibnu Subroto Dandim 1206 Psb mengatakan, untuk di Kapuas Hulu sendiri, TNI ada melakukan kerjasama denganTentara Diraja Malaysia (TDM) dalam menjaga patok batas antar dua negara.
"Kerjasama itu ada pos gabungan antara TNI AD-TDM, lokasinya di Lubuk Antuk," tuturnya.
Dandim menjelaskan, kerjasama ini sudah lama dilakukan, bentuk kerjasama ini biasanya dilakukan dalam hal patroli menjaga perbatasan dengan melihat patok batas antar dua negara.
"Ini diatur semua oleh Danyon 320 yang ada diperbatasan," pungkasnya. (AS)
Advertisement

Related

Berita 4770226990353286086

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item