Hari Kelima, Belum Ada Caleg Mendaftar

pena iklan pena iklan
Penakapuas.com_Telah lima hari pembukaan pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) oleh KPU Kapuas Hulu, belum ada Partai Politik menyerahkan data para Caleg. "Hingga hari kelima ini belum ada yang daftarkan berkas Caleg secara lengkap," ucap Ahmad Yani, Ketua KPU Kapuas Hulu, Senin (9/7).
Terkait tentang syarat pendaftaran caleg, kata Yani, cukup banyak persyaratan. Diantaranya ada tentang surat keterangan sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkotika. "Jadi surat keterangan sehat rohani ini mencakup juga tentang keterangan kejiwaan dari rumah sakit," tuturnya.

Menurut Yani, ada beberapa rumah sakit yang dirilis Kementerian Kesehata Republik Indonesi untuk memberikan surat keterang tentang kesehatan rohani atau kejiwaan itu. Untuk Kalimantan Barat yang ditunjuk adalah RSJ Sungai Bangkong dan di RSJ Singkawang. "Caleg dari Kapuas Hulu harus mengurus persyaratan surat keterangan sehat kejiwaan itu ke dua rumah sakit tersebut. Sebab di Kapuas Hulu juga tidak ada RSJ," tutur Yani.

Kalau untuk surat keterangan bebas narkotika dan jamani, kata Yani, berdasarkan list dari Kemenkes ditunju rumah sakit daerah Singkawang, Sintang, Ketapang serta Sanggau. Kalau di Kapuas Hulu sudah dikoordanasi ke RSUD Achmad Diponegoro, rumah sakit tersebut cuma bisa keluarkan suket jasmani dan bebas narkoba. "Kami bisa terima surat keterangan dari rsud itu asal lampiran lengkap dengan hasil pemeriksaan, bukan sekedar selembar surat saja," tegas Yani.

Syarat lainnya untuk Caleg, kata Yani, adalah pengisian data melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Semua caleg harus masuk silon, masing-masing parpol juga sudah ada admin yang mengurus itu. "Hal terpenting terkait Silon ini dokumen yang diupload harus sama dengan berkas yang sampaikan ke KPU. Data ini tetap akan diverifikasi KPU," tegasnya.

Yani menambahkan batas pendaftaran caleg adalah 17 juli 2018. Ada 16 parpol yang ikut Pemilihan Legislatif pada tahun 2019 nanti. "Kalau parpol tidak lengkap serahkan berkas calegnya hingga 17 juli nanti, maka dianggap tidak mengajukan," tuntas Yani. (nes)
Advertisement

Related

Berita 4405711954113035452

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item