Gawai Dayak Kapuas Hulu 2018 Meriah

pena iklan

Penakapuas.com- Pergelaran Gawai Dayak Kapuas Hulu 2018 yang dilaksanakan forum Ketemengungan se Kapuas Hulu di GOR Pangsuma Putussibau, Senin (24/7) berlangsung meriah. Acara tersebut langsung dihadiri Asisten 1 Gubernur Kalbar Alexander Rimbonang, Pengurus DAD Kalbar, Ketua DPRD Kapuas Hulu, Ketua DAD Kapuas Hulu. Kapolres Kapuas Hulu, Dandim 1206 Psb 

Kasim Ketua Panitia Gawai Dayak Kapuas Hulu 2018 mengatakan, Gawai Dayak adalah ucapan sukur kepada Tuhan atas hasil keberhasilan dalam kehidupan masyarakat. 

"Di Kota Pontianak Gawai Dayak sudah sering dilaksanakan, kami juga ingin menjawab kerinduan masyarakat Kapuas Hulu kapan Gawai Dayak ini diselenggarakan," katanya. 

Gawai Dayak ini kata Kasim, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya melukis perasai, lomba gasing, sumpit dan lainnya. 

Lanjut Kasim, dalam Gawai Dayak ini diikuti seluruh sub suku Dayak se-'Kapuas Hulu, sanggar-sanggar se Kapuas Hulu dan utusan Ketemengungan di Kapuas Hulu bahkan dari suku lain juga ikut memeriahkan gawai dayak ini diantaranya paguyuban jawa, Batak, Tionghoa maupun Melayu 

Sementara itu Sekretaris DAD Kapuas Hulu Petrus Kusnadi mengatakan, selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan ini yang diinisiasi oleh forum ketemenggungan. "Gawai ini jangan hanya dijadikan seremonial, namun harus dijadikan pererat tali persaudaraan, bahkan ini bisa jadi ajang promosi Dayak," ungkapnya.

Maka dari itu DAD Kapuas Hulu sangat mendukung kegiatan ini, atas nama dad mengucapkan selamat dan sukses pelaksanaan Gawai Dayak Kapuas Hulu 2018. 

Sementara itu Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero mengatakan, acara ini sangat tepat dalam mengenalkan budaya. "Belakangan ini semakin rendahnya untuk mengenalkan budaya, karena terpengaruh dengan aspek informasi dan telekomunikasi," katanya. 

Akibat mudahnya akses informasi, kata Anton mengakibatkan budaya asing mudah masuk ketimbang budaya sendiri sehinga masyarakat pun lebih mengikuti budaya asing.

Untuk itu pemerintah menyambut baik Gawai Dayak Forum Ketemengungan ini. Untuk itu harapannya dalam pelaksanaan nanti bisa meriah dengan melibatkan semua etnis. " saya sadari pelaksanaan Gawai Dayak Kabupaten belum bisa dilaksanakan karena keterbatasan fasilitas. Namun pemerintah sudah mendukung untuk membangun rumah betang," pungkasnya. (AS) 


Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 3628693551726724293

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item