Gara-gara Tiongkok, Kapolres Ketapang Diganti

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com - Lantaran adanya kunjungan resmi Polisi Tiongkok ke Ketapang serta munculnya plang kantor polisi bersama, Kapolres Ketapang AKBP Sunario langsung diganti. 

AKBP Sunario diganti oleh AKBP Yury Nurhidayat yang sebelumnya menjabat Kapolres Singkawang. Sementara posisi Kapolres Singkawang dijabat AKBP Raymond Marcellino Masengi, yang sebelumnya menjabat Kepala Detasemen B Satbrimob Polda Kalbar.

Kapolda Kalbar Didi Haryono melakukan serah terima jabatan terhadap ketiganya di Mapolda Kalbar, Senin (16/7/2018).

Terkait adanya plang kantor polisi bersama Polres Ketapang dan Polisi Tiongkok, kata Kapolda sudah dilakukan pendalaman. Dari pendalaman tersebut ditemukan ada mekanisme yang tidak dilalui hingga tahapan itu dilakukan. "Kerjasama antar negara ini harusnya di Mabes Polri," kata Kapolda, belum lama ini.

Akibat dari tidak melalui mekanisme tersebut, kata Kapolda inilah konsikuensinya (jabatan dicopot). Sebab hal tersebut dinilai sebagai kesalaham yang serius. 

Diketahui bahwa Kapolres Ketapang, AKBP Sunario pernah melakukan kunjungan ke Tiongkok, 2017 lalu. Kunjungan tersebut telah mendapat izin dari Mabes Polri. Dari kunjungan itu, ditindak lanjut oleh Kepolisian Tiongkok yang secara resmi berkunjung ke Ketapang, dengan memunculkan plang kantor polisi bersama. Hal tersebut kemudian viral, hingga akhirnya AKBP Sunario dilakukan pendalaman oleh korsnya sendiri hingga berujung pada pergantian pejabat Kapolres Ketapang. (nes/int)

Advertisement

Related

Daerah 2395148219861733292

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item