Dinkes KH Perkuat Intergrasi PIS-PK

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com- Dinas Kesehatan Kapuas Hulu mengadakan pertemuan penguatan integrasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) serta Manajemen Risiko dan Keselamatan Pasien, di Gedung Korpri, Rabu (18/7) pagi. Kegiatan yang dihadiri serluruh Kepala Puskesmas itu dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Harisson. 

Kepala Seksi Pembiayaan dan Jamkes, pada Dinkes Kapuas Hulu, Agustina Rotua menuturkan, tujuan dari pertemuan tersebut adalah agar perserta kegiatan mampu memahami PIS-PK, kemudian mendapat gambaran pelaksanaan PIS-PK semester 1 tahun 2018. Berikutnya agar muncul komitmen lintas sektor dan lintas program dalam mendukung pelaksanaan PIS-PK, lalu diproleh strategi khusus untuk pelaksanaan programnya. "Sebab tujuan akhirnya adalah menyiapkan puskesmas dalam membangun sistem pelayanan yang minimal resiko dan mengupayakan keselamatan pasien," ucapnya.

Secara umum, kata Agustina, penerapan program Indonesia sehat adalah untuk  meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didikung dengan perlindungan finansial serta pemerataan pelayanan kesehatan. Sebab itu perogram ini dilaksanakan dengan pendekatan keluarga, mengintergrasikan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan. "Agar PIS-PK sukses maka perlu dukungan dari semua pihak, termasuk pemangku kebijakan," tutur Agustina.

Perempuan yang karib disapa Tina ini menjelaskan, ada 12 indikator Indeks Keluarga Sehat yang menentukan keberhasilan PIS-PK. Semakin banyak tercapai indikator tersebut maka status keluarga yang bersangkutan  akan mengarah kepada keluarga sehat. "Sekain banyak keluarga sehat akan semakin dekat tercapainya Indonesia sehat," tuntasnya. (anes) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 7965160432757449016

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item