Belasan Tahun, Terminal Bus Milik Dishub Kalbar Tak Berfungsi

pena iklan

Penakapuas.com Sudah belasan tahun terminal Bus Kedamin yang ada di jalan Lintas Selatan Kecamatan Putussibau Selatan tak kunjung difungsikan. Terminal bus yang dikelola oleh Dishub Kalbar ini, hingga hari ini tidak diketahui secara pasti kenapa terminal ini tak difungsikan. 

Kini terminal tersebut hanya dijadikan tempat jualan masyarakat, masyarakat pun sudah ada mendirikan lapak-lapak untuk mereka berjualan bahkan dijadikan tempat penginapan mereka. 

“Sayang sekali, bangunan yang menggunakan uang rakyat tersebut terbengkalai begitu saja,” kata Saharudin warga Kedamin, Minggu (29/7). 

Menurut Saharudin, jika melihat bangunan yang ada ini, mungkin sudah ada miliaran uang yang sudah digunakan untuk pembangunan cuma-cuma ini. “Sebagai masyarakat, dirinya hanya berharap terminal ini difungsikan agar tidak mubazir,” ujarnya.  

Warga lainnya Ibnu mengatakan, lebih baik bangunan ini dikelola saja oleh pihak Kabupaten sehingga pemerintah daerah bisa mengelolalanya secepat mungkin. “Jika ini dikelola oleh Pemkab Kapuas Hulu, mungkin saja bangunan ini tidak terbengkalai,” ucapnya. 

Sementara itu Abdul Halim Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Hulu mengungkapkan, terminal dibawah naungan Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar ini direncanakan akan dilakukan renovasi pada tahun ini. 

“Saya belum tahu kapan renovasi tersebut dilakukaan, namun yang jelas tahun ini akan diperbaiki,” katanya. 

Halim mengatakan, pihaknya haanya sebagai perpanjagantangan Dishub Provinsi, sehingga kapan dan berapa dana renovasi terminal Bus Kedamin tersebut pihaknya tidak mengetahui. “Hanya saja yang mau direnovasi itu soal penataaan ruko-ruko yang ada didalam, perbaikan tempat parkir mobil,” ujarnya. 

Menurut Halim, jika melihat kondisi terminal Bus Kedamin yang hingga hari ini tak kunjung berfungsi, memang sangat disayangkan, Namun jika pengelolaan terminal tersebut kepaada pihaknya, pihaknya juga sulit karena kekurangan petugas. 

“Kalau dilihat terminal itu mubazir tak difungsikan, tapi karena terminal bus itu Tipe B dan mesti ditangani oleh Dishub Provinsi,” ucapnya. 

Halim berharap, agar pemerintah provinsi segera mungkin melakukan renovasi terminal Bus Kedamin dan segera cepat berfungsi sehingga dishub Provinsi bisa menempatkan petugas dalam pengoperasiannya nanti. “Mudah-mudahan saja renovasinya berjalan lancar dan cepat beroperasi,” pungkasnya. (AS)

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 5414987513747921566

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item