Area Penyangga TNDS Terbakar

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com- Sebanyak satu regu Berigdalkarhut Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) berjibaku memadamkan api di Desa Lanjak Deras Kecamatan Batang Lupar, Jumat (13/7) 

Kepala Berigdalkarhut TNBKDS Daops Semitau Ade Arief mengatakan, kebakaran terjadi dengan koordinat titik api : N; 1o02’77.2’’ dan E; 112o23’42.2’’dikatakannya, berdasarkan keterangan dari Danramil 03 Lanjak bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00.

“Bermula dari pembukaan lahan untuk kebun oleh warga. Jarak antara areal kebakaran dengan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) sekitar 7 kilometer garis lurus,” katanya, Selasa (17/7)

Ade mengungkapkan, awalnya pemadaman api sempat mengalami tantangan, karena sumber air terdekat bejarak sekitar 450 meter, dengan kondisi kering, dan angin cukup kencang. Selain itu dengan metode pemadaman manual dan mengisolir kepala api agar tidak menyebar. 

“Kemudian pemadaman dilanjutkan pada hari Sabtu pagi  (14/7) dengan bantuan masyarakat yang pernah dilatih oleh TNBKDS dan perangkat TNI – Polri, sedangkan satu Tim Brigadalkarhut TNBKDS mendatangkan dua unit mesin yakni  Vanguard dan Max 3 dan menggunakan water tank, selain itu cara manual juga dilakukan,” paparnya. 

Setelah melakukan pemadaman ekstra tersebut, akhirnya tim gabungan berhasil mengendalikan kepala api sehingga api dapat dijinakan, dengan luasan kebakaran diperkirakan mencapai 5 hektare.

Kemudian lanjut Ade, di hari Minggu (15/7) masih terdapat beberapa titik api, sehingga petugas Manggala Agni Brigdalkarhut TNBKDS melakukan pemadaman dan size up terlebih dahulu. Api dipastikan padam pada sore hari pukul 16.00. 

“Untuk hari Senin (16/7) kemarin, satu regu Manggala Agni meluncur menuju Semitau guna melakukan groun check atas laporan kebakaan hutan, sedangkan satu regu lagi mastikan kembali keberadaan api sambil mengukur luas areal kebakaran lebih detil,” pungkasnya. (yas)

Advertisement

Related

berita utama 6116870762493639394

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item