Produksi Padi Kapuas Hulu Bakal Nambah 10.000 Ton

pena iklan pena iklan
PenaKapuas.com -Berdasarkan MoU Kementrian Pertanian dan TNI, kabupaten Kapuas Hulu mendapatkan kuota pembukaan lahan 4000 Hektare. Sebagai tahap awal Kodim 1206/Putussibau dan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, dalam hal ini Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perternakan Kabupaten Kapuas Hulu, sepakat membuka lahan persawahan seluas 2500 Hektare.  Jika pengelolaan persawahan seluas 2500 Hektare tersebut berhasil, maka hasil padi kabupaten Kapuas Hulu diperkirakan akan bertambah sebanyak 10.000 ton. 
Padi Yang Ditanam Masyarakat Kedamin, Kapuas Hulu

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perternakan Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan SE mengatakan, kuota lahan seluas 2500 Hektare sudah dibagi perkecamatan. Hanya saja tidak semua kecamatan mendapatkannya. "Target dari Pusat sebenarnya 4000 hekatre, tapi bertahap kita kerjanya. Karena lahan yang siap digarap hanya 2500, jadi segitu aja dulu," katanya, Selasa (16/2/2016).

Dalam pengelolaan sawah tersebut, pihak ketiga dan TNI yang membuka lahan. Masyarakat tinggal menggarap saja. Untuk benih dan pupuk dibantu pemerintah. "Kalau target ini tercapai kapuas hulu surplus beras, karena hasilnya diperkirakan mencapai 10.000 ton,” tutur Gunawan.

Terkait pola tanam sistemnya sawah air dengan metode hazton. Semua aspek pendukung persawahan itu sudah dipastikan. "Target pembukaan lahan ini sudah disurvey, irigasi tidak ada masalah. Tinggal bangun saja," ujarnya.

Disinggung soal anggaran pembukaan lahan pertanian itu, Gunawan mengatakan anggarannya sudah ada. Total dana Rp 77 milyar untuk 4000 hektar. “Dengan terbukanya persawahan itu, diperkirakan bisa 3 kali panen, dari situ saja masyarakat sudah diuntungkan. Masyarakat juga tidak perlu ngembalikan dana awal atau biaya pupuk, ini dari pemerintah semua," ungkapnya.

Adanya pembukaan persawaan secara Nasional ini bertujuan untuk merubah pola bertani masyarakat, dari ladang berpindah, menjadi persawahaan yang menetap. Sehingga kedepan tidak ada resiko pembakaran hutan, khususnya di Kapuas Hulu. “Harapan kita masyarakat bisa antusias menerima program ini, kita bersama-sama sukseskan program pemerintah,” himbau pria yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Penanggulanagan Bencana Daerah kabupaten Kapuas Hulu ini. (yohanes santoso)

Advertisement

Related

Berita 5910262684051367350

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item