Danramil 03/Landjak Negerangkap Guru

pena iklan pena iklan
PenaKapuas.com - Pendidikan di kawasan perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu masih belum memadai. Seperti pada Sekolah Dasar 03 Kapar, kecamatan Batang Lupar. Selain kekurangan lokal, sekolah itu pun kekurangan guru. Kekurangan pada di SD 03 Kapar mengundang perhatian Komandan Koramil 03/ Landjak, Sersan Mayor (Serma) Harjo. Ia menyisihkan sebagian waktunya untuk menjadi guru di sekolah tersebut.

Ketika ditemui di Markas Kodim 1206/Putussibau, Serma Harjo mengatakan, tentara dan masyarakat dikecamatan Batang Lupar saling mendukung, terutama pada bidang pendidikan. “Khusus pada bidang pendidikan, saya terlibat sebagai pengajar di SDN 03 Kapar kecamatan Batang Lupar,” ungkapnya.

Serma Harjo
Pada sekolah tersebut, kata Harjo, dirinya mengajar pelajaran PPKN dan IPS. Ia ikut mengajar karena guru disekolah tersebut kurang., hanya ada dua orang guru saja, satu orang guru PNS, satu orang lainnya honor. “Dalam seminggu rutin saya mengajar. Tapi kalau ada kerjaan pokok yang tidak bisa ditinggalkan di kantor, saya tidak mengajar. Ini sudah komitmen dengan pihak sekolah,” ujarnya.

Harjo mengaku tetap mendapat honor dari jasa mengajarnya, namun itu tidak rutin. Ia perna mendapatkan bayar Rp 300.000. “Perinsipnya saya hanya membantu, ada atau tidak honor itu saya tidak masalah. Kalau tidak ada pekerjaan penting di kantor, saya tetap masuk untuk mengajar disana,” ungkapnya.

Lokasi sekolah dari kantor 25 kilo meter. Membutuhkan waktu tempuh 20 menit menggunakan motor. Pada SD 03 Kapar itu sarana dan prasarana masih minim, disana kelasnya sampai enam tetapi ruangan hanya tiga. “Jadi dalam satu ruangan itu ada dua kelas, mereka belajar juga tidak disekat. Kelas satu gabung dengan kelas dua, demikian kelas tiga dengan kelas empat, kelas lima dan kelas enam. Sehingga saat penjelasan sulit, konstrasi buyar, murid susah menerima pembelajaran,” tutur Harjo.

Menurutnya, pola mengajar ini sudah berlangsung dari 4 tahun silam, sejak ia mengajar disana. Sebelum-sebelumnya pola mengajar sudah seperti itu. “Pihak sekolah sudah mengajukan untuk penambahan lokal kelas, namun tidak ada tanggapan hingga saat ini,” kata Harjo “SD 03 Kapar ini punya 42 orang murid. Harapan saya kepada pemerintah petama adalah tenaga guru, kemudian meningkatkan saran dan pra sarana sekolah,” ungkapnya. (yohanes santoso)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 896959696769522876

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item