Ekotourism Kapuas Hulu

pena iklan pena iklan
Kepala Bindang Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu, Darmawan M.Si mengatakan pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu dikembangkan dalam terminology Eko Tourism atau ekowisata. Hal tersebut ditetapkan dengan mempertimbangkan keselarasan program wisata dengan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu yang menjaga lingkungan.
"Terdapat dua model dalam pariwisata, pertama Mass Turism atau bidang pariwasata yang mengedepankan masa. Kedua Eko Tourism, pariwasa yang lebih mengunjukan alam," kata Darmawan.
Lanjutnya, Kenapa pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu tidak memakai terminology Mass Tourism, karena hal tersebut akan berdampak pada lingkungan.
Darmawan memaparkan Kabuapten Kapuas Hulu menawarkan beberapa potensi wisata berbasis alam yang bisa dipilih oleh para tourist. Potensi tersebut ditawarkan dari kedua taman nasional yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu yaitu Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) dan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK).
"TNDS menawarkan wisata bersifat visual seperti panorama alam dan kearifan lokal, sedangkan TNBK lebih menawarkan pada wisata petualangan yang bersifat menantang," ungkapnya.
Danau Sentarum
 
Darmawan menjelaskan dari potensi wisata yang ditawarkan kedua taman nasional tersebut, Danau Sentarum merupakan unggulan. Hal tersebut dikarenakan Danau Sentarum merupakan salah satu dari dua puluh sembilan destenasi utama Indonesia.  "Dari 29 destinasi utama Indonesia, salah satu Danau sentarum. Oleh karena itu Pemda Kabupaten Kapuas Hulu memberikan perhatian khusus pada Danau Sentaru yang juga merupakan destenasi utama Kalimantan Barat," ujar Darmawan.
Darmawan mengharapkan adanya kesadaran bersama dari semua pihak agar bersama-sama menjaga potensi wisata yang ada, terutama masyarakat yang berada disekitar taman nasional. Kedepannya taman nasional tersebut dapat menjadi penunjang kesejahteraan masyarakat, karena dengan adanya wisatawan yang masuk ekonomi masyarakat akan meningkat.
“Selain itu dukungan real dari berbagai organisasi masyarakat nasional sangat dibutukan, bersama kita bangun pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu,” tutup Darmawan. Ys
Advertisement

Related

Wisata 6511526023978655914

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item